Peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur'an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember

Setiani, Eka Nuur (2024) Peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur'an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eka Nuur Setiani_201103030003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: peran pengasuh; membimbing anak asuh; Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)
Anak yatim, piatu maupun yatim piatu menjadi bagian dari permasalahan-permasalahan yang kurang diperhatikan dalam bentuk formal dan kurang diprioritaskan. Mereka yang hidup di Panti Asuhan pun sering kali kurang mendapat kesejahteraan dari para pengasuhnya. Mereka hanya sekedar disediakan tempat tetapi tidak banyak yang dilakukan pengasuh untuk mendampingi atau membimbing mereka. Oleh karena itu, diperlukan bentuk nyata bagaimana peran pengasuh dalam mendampingi mereka. Salah satunya di Rumah Qur’an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT).
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur’an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember? 2) Apa yang menjadi tantangan peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur’an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur’an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember, 2) Untuk mendeskripsikan tantangan peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur’an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam semi terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data (seleksi data, pengerucutan atau pemfokusan, peringkasan, serta penyederhanaan dan transformasi), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan).
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa peran pengasuh dalam program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di Rumah Qur’an dan Panti Asuhan Yatim Piatu/Dhuafa Imamul Muttaqin (IMMUT) Jember meliputi pembimbing, konsultan, agen perubahan, agen prevensi (pencegahan), dan manager (pengelola). Sedangkan yang menjadi tantangan peran pengasuh dalam membimbing anak asuh melalui program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) ialah adanya program yang tidak lagi berjalan yakni panahan dan sirah nabawiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Eka Nuur Setiani
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:55
Last Modified: 14 Nov 2024 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36976

Actions (login required)

View Item View Item