PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Saputra Wirawan, Gilang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 072 IPS 2024)
Gilang Saputra Wirawan 205101090001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Gilang Saputra Wirawan, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, IPS
Pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karena merupakan proses memperoleh pengetahuan, keterampilan dan pemahaman untuk mengembangkan setiap individu. Maka dari itu, memilih model pembelajaran guru juga harus memfokuskan keterlibatan peserta didik dengan memilih model pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan peserta didik, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Salah satu model pembelajaran yang menarik perhatian adalah model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan suatu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dimana peserta didik berpartisipasi aktif dalam eksplorasi mendalam terhadap suatu masalah atau topik melalui pembuatan proyek, sehingga peserta didik dapat mengembangkan kreativitas, berpikir kritis dan kolaboratif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t atau Paired Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian dengan menggnakan uji Paired Sampel T-test yang memiliki nilai thitung adalah (6,235) > ttabel (2,079) dan nilai signifikansi (sig.) (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap mootivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Gilang Saputra Wirawan
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:12
Last Modified: 20 Nov 2024 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36991

Actions (login required)

View Item View Item