PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 3 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Khasanah, Lafifatul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 3 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 069 IPS 2024)
SKRIPSI LAFIFA WATERMAK 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan yang dihadapi sistem pendidikan di Indonesia dalam Era Revolusi Industri 4.0, di mana lulusan perlu dilengkapi dengan keterampilan abad ke-21 seperti komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan inovasi kreatif. Perubahan paradigma pembelajaran dari model yang berorientasi pada guru menuju model yang lebih menekankan peran siswa sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Observasi di MTs Negeri 3 Lumajang menunjukkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih rendah, disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa merasa jenuh dan kurang terlibat. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengusulkan penerapan model problem based learning dengan scaffolding, yang menekankan penyelesaian masalah dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Diharapkan melalui problem based learning dengan scaffolding, siswa dapat lebih memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning dengan scaffolding terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 3 Lumajang tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 43 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test.
Hasil analisis data menggunakan uji-t yang memperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2- tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan Scaffolding terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 3 Lumajang tahun pelajaran 2023/2024.
KATA KUNCI:PBL, Scaffolding, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Lafifatul Khasanah Lafifa
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:15
Last Modified: 14 Nov 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37004

Actions (login required)

View Item View Item