Amanah, Erika Nur (2024) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK194 PAI 2024)
Erika Nur Amana_204101010057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Erika Nur Amanah, 2024 : Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin
Jember Kecamatan Ajung Kabubaten Jember Tahun 2023/2024.
Kata Kunci : Pengaruh Perilaku Siswa, Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam
Pendidikan merupakan sebuah inovasi dalam rangka mewujudkan sebuah
pembelajaran dan sebuah inovasi untuk mewujudkan karakteristtik para
pendidik yang melakukan pendidikan tersebut, pendidikan diwujudkan untuk
memperoleh sebuah insting atau ketrampilan dalam mewujudukan sesuatu hal
yang berbeda dalam mengetahui ilmu-ilmu yang ada dalam dunia
pendidikan tersebut, maka dari itu pendidikan di ciptakan untuk memenui
sebuah karakteristik manusia untuk mempelajarai sebuah ilmu umum atau
ilmu agama atau yang lainya yang telah di ajarkan.
. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui
pembelajaran pendidikan agama islam pendidikan agama islam di SMP inul
Yaqin Jember. 2. Untuk mengetahui pengaruh perilaku siswa terhadap
pemebelajaran pendidikan agama islam di SMP Ainul Yaqin Jember.
Penelitian yang menggunakan metode kuantitatif adalah penelitian dengan
mematuhi prinsip-prinsip ilmiah, yaitu bersifat konkret/empiris, objektif, rasional,
dan sistematis. Metode kuantitatif sering disebutkan dengan metode discovery,
dikarenakan melalui pendekatan ini, peneliti dapat ditemukan dan kembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi baru dengan data dan berbentuk angka serta
analisis statistik. Pendekatan kuantitatif berlandaskan pada filsafat positivisme,
yang bertujuan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu dengan pengambilan
sampel secara acak dan pengumpulan data menggunakan instrumen, serta analisis
data yang bersifat statistik.
Penelitian mengenai dampak pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap
perilaku siswa menunjukkan bahwa variabel independen adalah perilaku siswa,
sedangkan variabel dependen adalah pembelajaran pendidikan agama Islam.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dan perilaku
siswa. Hasil analisis melalui Uji t menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,001
< 0,05, yang mengindikasikan adanya pengaruh antara pembelajaran pendidikan
agama Islam dan perilaku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SKRIPSI erika nur amanah |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 06:58 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37015 |
Actions (login required)
View Item |