Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMP 07 Ma'arif Perintis Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Fatimah, Izzatul (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMP 07 Ma'arif Perintis Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 079 IPS 2024)
Izzatul Fatimah_202101090036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kelasVII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo pada mata pelajaran IPS. Dimana peserta didik cenderung merasa bosan dan mengantuk ketika proses pembelajaran berlangsung hal ini dikarenakan pendidik menggunakan strategi ekspositori yang cenderung menekankan pada metode ceramah dan tidak dibantu dengan media pendukung lainnya, sehingga dalam hal ini peserta didik cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal di atas permasalahan yang ada yaitu apakah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2023/2024. Sejalan dengan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, model PTK yang digunakan yaitu model Krut Lewin. Penelitian Tindakan Kelas Krut Lewin terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan (planning), Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen : lembar observasi pendidik dan peserta didik, lembar kerja berupa tes, serta pedoman wawancara. teknik analisis data yang digunakan ada reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini terdiri dari 25 peserta didik dengan 13 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini terbukti adanya peningkatan pada setiap siklusnya, dengan rincian berikut: observasi awal perolehan rata-rata nilai 48, siklus I dengan 32% siswa tuntas , siklus II 60% siswa tuntas atau mencapai kkm dan siklus III 88% yang berhasil tuntas dalam pembelajaran. Jadi, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada peserta didik dalam mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran crossword puzzle SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Skripsi Izzatul Fatimah
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:54
Last Modified: 20 Nov 2024 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37021

Actions (login required)

View Item View Item