Nugrahani, Aulia Rachma Julian (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN LEMBAR INFORMASI MATERI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP 07 MA’ARIF PERINTIS TEMPUREJO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 070 IPS 2024)
SKRIPSI AULIA WATERMARK 2323.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi pada cara mengajar guru yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan memberikan tugas pada siswa dan terkadang suara guru tidak dapat terdengar jelas oleh siswa, karena guru hanya mengajarkan materi melalui ceramah. Mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung akan membuat siswa bosan dan lelah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran Take and Give seringَ diartikanَ “salingَ memberiَ danَ salingَ menerima”.َ diَ dalamَ kartuَ ada catatan yang harus dikuasai oleh masing-masing siswa dengan berbantuan lembar
informasi materi, siswa kemudian mencari pasangannya masing masing untuk bertukar pengetahuan sesuai dengan apa yang didapatnya dikartu, lalu kegiatan pembelajaran diakhir dengan mengevaluasi siswa dengan menanyakan pengetahuan yang mereka miliki. Model pembelajaran tersebut merupakan salah satu tipe yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara peserta didik untuk saling membantu dan menguasai
materi pelajaran guna pencapaian prestasi yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran take and give berbantuan lembar informasi materi terhadap hasil belajar IPSَ siswaَ kelasَ VIIIَ diَ SMPَ 07َ Ma’arifَ Perintisَ Tempurejo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan perlakuan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian yaitu kelas VIII yang berjumlah 21 siswa dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Setelah itu, dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-test.
Hasil yang diperoleh dari uji Paired Sample T-test adalah nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran take and give berbantuan lembar informasi materi terhadap hasil belajar IPSَ siswaَ kelasَ VIIIَ diَ SMPَ07َ Ma’arifَ Perintisَ Tempurejo.
Kata Kunci : Take and Give, Lembar Informasi Materi dan Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aulia Rachma Julian Nugrahani |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 06:11 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37033 |
Actions (login required)
View Item |