Subagya, Agus (2024) MANAJEMEN INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI KARANGASEM DAN MADRASAH ALIYAH NEGERI BULELENG. Doctoral thesis, Uin khas jember.
Text
AGUS SUBAGYA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Manajemen inovasi menjadi kunci sukses untuk memastikan bahwa
organisasi dapat bertahan dan berkembang dalam lingkungan yang dinamis.
Gejala-gejala interdependensi, interkoneksi, dan revolusi yang terjadi dalam satu
bidang kehidupan manusia maupun organisasi, memiliki resonansi dan daya
pengaruh yang sangat besar terhadap dimensi dan bidang lainnya. Seperti dalam
bidang pendidikan.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana tahapan inovasi teknologi di
Madrasah Aliyah Negeri Karangasem dan Madrasah Aliyah Negeri Buleleng? 2).
Bagaimana strategi inovasi teknologi di Madrasah Aliyah Negeri Karangasem dan
Madrasah Aliyah Negeri Buleleng?
Tujuan penelitian ini yaitu: Menemukan tahapan inovasi teknologi di
Madrasah Aliyah Negeri Karangasem dan Madrasah Aliyah Negeri Buleleng dan
menemukan strategi inovasi teknologi di Madrasah Aliyah Negeri Karangasem
dan Madrasah Aliyah Negeri Buleleng.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang dipakai dalam Desertasi ini adalah metode wawancara,
observasi, dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan tahapan: data
collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing. Sedangkan,
keabsahan data menggunakan beberapa teknik: memperpanjang masa observasi,
peer debriefing, triangulasi, dan mengadakan member check.
Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, Tahapan inovasi teknologi di Madrasah
Aliyah Negeri Karangasem dan Madrasah Aliyah Negeri Buleleng mencerminkan
proses adopsi yang komprehensif dan sistematis, terdiri dari lima tahap:
pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. Kedua madrasah
aktif dalam mencari informasi, memperkuat keyakinan terhadap inovasi, membuat
keputusan berdasarkan visi dan misi, serta melaksanakan implementasi dengan
dukungan teknis. Evaluasi rutin dilakukan untuk memastikan dampak positif pada
pembelajaran, dengan melibatkan umpan balik dari berbagai pihak terkait; Kedua,
Madrasah Aliyah Negeri Karangasem dan Madrasah Aliyah Negeri Buleleng
menerapkan strategi inovasi teknologi yang holistik dan terencana, meliputi
pendekatan fasilitatif, pendidikan, bujukan, dan paksaan. Fokus utama mereka
adalah penyediaan perangkat keras dan lunak, pelatihan bagi guru dan siswa, serta
peningkatan kesadaran tentang manfaat teknologi melalui seminar dan workshop.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tn Atik Yuliana |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:26 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37072 |
Actions (login required)
View Item |