Analisis Maslahah Pada Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Kecantikan Athena Melalui Akun TikTok @drrichardlee

Ms, Eva (2024) Analisis Maslahah Pada Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Kecantikan Athena Melalui Akun TikTok @drrichardlee. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVA_204105020041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak pemasaran digital melalui platform
TikTok terhadap perilaku konsumen dalam pembelian produk kecantikan, dengan
fokus pada analisis maslahah dalam konteks konsumsi yang sesuai dengan
prinsip-prinsip syariah..
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan
AIDA pada pemasaran produk kecantikan Athena melalui akun TikTok
@drrichardlee?. 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
dalam pembelian produk kecantikan Athena melalui akun TikTok @drrichardlee
?. 3). Bagaimana analisis maslahah pada perilaku konsumen dalam pembelian
produk kecantikan Athena melalui akun TikTok @drrichardlee?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui model AIDA yang
diterapkan dalam pemasaran produk kecantikan Athena melalui akun TikTok
@drrichardlee. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen dalam pembelian produk kecantikan Athena melalui akun TikTok
@drrichardlee. 3) untuk mengetahui analisis maslahah pada perilaku konsumen
dalam pembelian produk kecantikan Athena melalui akun TikTok @drrichardlee.
Penelitian ini menggunakan metode Netnografi dengan jenis penelitian
deskriptif Kualitatif. Lokasi penelitian ini di media sosial TikTok. Teknik
pengumpulan data mengguanakan data arsip, kolaborasi, penelitian lapangan.
Teknik analisis data menggunakan pengkodean, mencatat, abstrak, generalisasi,
theoritis. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) akun TikTok @drrichardlee berhasil
menerapkan metode AIDA secara efektif, dengan tahapan yang kuat dari menarik
perhatian hingga memudahkan aksi pembelian, yang semuanya terstruktur untuk
membangun keterikatan dan meningkatkan konversi pembelian. 2) Secara garis
besar Berbagai faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berperan penting
dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Namun, faktor psikologi dan pribadi
menjadi penentu utama, yang berarti bahwa pemahaman mendalam tentang
motivasi dan persepsi konsumen sangat krusial untuk kesuksesan pemasaran. 3)
Bedasarkan karakteristik manfaat dan berkah dalam menentukan maslahah pada
perilaku konsumen pengguna produk Athena mereka lebih banyak mendapatkan
manfaat dari penggunaan produk tersebut sedangkan berkah masih kurang
maksimal. Sehingga tujuan utama konsumsi Islam yaitu maqasyid syari‟ah masih
belum maksimal dalam penggunaan produk Athena.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ms Eva
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:39
Last Modified: 18 Nov 2024 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37079

Actions (login required)

View Item View Item