Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan Pada Bank Central Asia (BCA) KC. Banyuwangi.

MUHAMMAD, YUSUF (2021) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan Pada Bank Central Asia (BCA) KC. Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
MUHAMMAD YUSUF_083 143 157.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Yusuf, Dr. Khamdan Rifa’I, S.E.,M.Si, 2020: Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan Pada Bank Central Asia (BCA) KC. Banyuwangi. Dana pensiun pada dasarnya merupakan instrumen keuangan yang mengakumulasikan kekayaan seseorang selama bekerja di suatu perusahaan dan akan mendapatkan pembayaran pada waktu masuk usia tidak produktif (pensiun). Fakta dilapangan Dana Pensiun banyak dikelola oleh badan atau pihak asuransi jiwa, diantara lain bank yang mengadakan program pensiun iuran pasti bagi per orangan atau pekerja yang terpisah dari program pensiun pemberi kerja. Tujuan pembahasan pengelolaan dan sistem dana pensiun di bank BCA untuk mengetahui bagaimana cara mengelola dana pensiun dari peserta, pengelokasian dana dan cara pembayarannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana presedural pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi? 2. Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mengetahui presedural pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi, 2. Untuk mengeksplorasi strategi pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi. Penyusunan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Central Asia Cabang Banyuwangi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi dengan pihak Bank Central Asia Cabang Banyuwangi yang mempunyai tanggung jawab terhadap proses program dana pensiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Proses prosedur pemasaran yang dilakukan oleh Bank Central Asia (BCA) Banyuwangi yaitu (1) mengenali sifat dan karakteristik nasabah, (2) melakukan promosi untuk mengenalkan produk ke masyarakat serta menarik minat masyarakat, (3) menentukan pangsa pasar yang tepat yang telah dianalisis untuk siapa dana pensiun ini diberikan dan disalurkan (4) menjalin hubungan yang baik dengan nasabah, (5) memanfaatkan marketing online. Dari berbagai prosedur yang dibuat oleh BCA Banyuwangi Banyuwangi tidak terlapas dari keamanan sikap kehati-hatian dengan harapan sesuai dari tujuan BCA sendiri untuk mencapai kepuasan nasabahnya. 2. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BCA Banyuwangi yaitu mengenai harga tingginya tingkat bunga. Semakin rendah bunga yang ditawarkan maka semakin banyak permintaan dan sebaliknya. Strategi mempuyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan tujuan perusahaan, karena didalamnya berisi gambaran atau pedoman yang jelas dan terarah apa yang akan dilakukan dalam menggunakan kesempatan dan peluang pada beberapa pasar sasaran. Strategi pemasaran antara lain dibutuhkan untuk menetukan konsumen-konsumen manakah yang dituju. Ini berarti bahwa dengan strategi pemasaran, manajer pemasaran dapat mengetahui konsumen tertentusebagai sasarannya, sehingga dapat diketahui kepuasan seperti apakah yang diharapkan konsumen tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:42
Last Modified: 18 Mar 2022 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item