Hubungan Tindakan Bullying dengan Kepercayaan Diri peserta didik pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 Jombang Tahun Pelajaran 2023/2024

Puspita Sari, Rindiani (2024) Hubungan Tindakan Bullying dengan Kepercayaan Diri peserta didik pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 Jombang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik Jember.

[img] Text (SK 083 IPS 2024)
RINDIANI PUSPITA SARI T20199022 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Bullying merupakan fenomena yang sering terjadi tahun ke tahun,
pada remaja terutama di lingkungan pendidikan. Sekolah merupakan tempat bagi
siswa untuk menuntut ilmu, di sekolah peserta didik akan menempuh pendidikan
selama beberapa tahun, dalam beberapa tahun tersebut peserta didik akan
mempelajari hal-hal baru dengan orang-orang yang berada di dalam lingkungan
sekolah tersebut. Selama proses pendidikan tentunya dibutuhkan lingkungan yang
aman dan nyaman bagi peserta didik agar dapat memperoleh hasil belajar yang
maksimal. Namun pada kenyataannya di kelas masih dapat kita temui tindakan
kekerasan antar sesama teman atau yang sering disebut bullying. Bullying
merupakan perilaku yang menyakiti individu lain baik secara fisik, verbal, dan
relasional yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang lebih kuat terhadap
individu atau kelompok yang lebih lemah. Seperti halnya yang terjadi di SMPN 2
Jombang pada siswa kelas VII A ditemukan adanya bentuk penindasaan dan
kekerasaan yang dilakukan dengan sengaja dilakukan oleh satu orang atau
sekelompok yang lebih kuat atau hebat dan berkuasa terhadap korban dengan tujuan
menyakiti dan di lukai secara terus menerus. Melakukan tindakan bullying kepada
teman kelas dan mereka merasa tidak berdaya karena tidak ada melakukan
perlawanan balik tindakan bullying fisik, verbal, dan relasional dan apabila
dibiarkan, dikhawatirkan akan berhubungan dengan kepercayaan diri bagi peserta
didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Rindiani Puspita sari
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:15
Last Modified: 19 Nov 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37115

Actions (login required)

View Item View Item