Arini, Alfina Dewi (2024) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PEREMPUAN UNTUK BERHIJAB (Studi Kasus di Dusun Kresek Pancakarya Ajung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
Alfina Dewi Arini 201101010027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter, Jilbab.
Mengingat begitu pentingnya bahwa memakai hijab itu merupakan suatu kewajiban
bagi kaum muslimah. Maka perlu adanya peran orang tua untuk menuntun dan membimbing
anaknya menjadi muslimah yang baik. Sebab dari keluargalah pendidikan pertama yang
diperoleh oleh anak. Jika pendidikan keluarganya baik maka dia akan berperilaku baik pula.
Berdasarkan pemaparan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan beberapa
permasalahan yang menarik untuk dikaji, diantaranya : 1) Bagaimana peran orang tua dalam
pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab?, 2) Apa korelasi peran orang tua dalam
pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab? 3) Apa saja tantangan dan hambatan
orang tua dalam pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam
pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab, 2) Untuk mengetahui korelasi peran orang
tua dalam pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab, 3) Untuk mengetahui tantangan
dan hambatan orang tua dalam pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive.
Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun
analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang di dapatkan adalah: 1) Peran orang tua dalam pendidikan karakter
anak perempuan untuk berhijab yaitu; Orang tua memberikan contoh dan teladan dalam
berhijab atau memakai pakaian muslimah, orang tua memberi pemahaman kepada anak tentang
hijab, orang tua harus menguasai pemikirannya dengan pemahaman tentang hijab. Anak-anak
harus memberikan pemahaman tersebut sehingga dibenak seorang anak bahwa jilab itu adalah
kodratnya para kaum hawa dan merupakan identitas wanita muslimah, orang tua membimbing
dalam memilih tontonan, orang tua mendakwah atau menceramahi anak-anak, orang tua
memberikan pemahaman akan hijab, memberikan reward atau hadiah. 2) Korelasi peran orang
tua dalam pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab diantaranya orang tua harus
memberi contoh dan teladan yang baik, membimbing anak dalam memilih tontonan atau siaran
tv (film), mendakwah anak, memberikan reward atau hadiah. Jika itu semua bisa dilakukan
oleh para orang tua insyaAllah anak-anak mereka bisa menjadi pribadi yang baik terutama anak
perempuan bisa istiqomah dalam mengenakan pakaian yang sopan terutama memakai hijab. 3)
Tantangan dan hambatan orang tua dalam pendidikan karakter anak perempuan untuk berhijab
yaitu; Anak-anak tidak tertarik untuk memakai hijab, nak-anak sering mengabaikan perintah
orang tuannya, faktor teman dan sahabat dan lingkungan yang mayoritas mereka tidak berhijab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | alfina dewi arini |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:51 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37117 |
Actions (login required)
View Item |