Akbar, Faisal (2024) STRATEGI BERSAING PENGUSAHA MEBEL DI DESA SELOBANTENG KECAMATAN BANYUGLUGUR KABUPATEN SITUBONDO DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Faisal Akbar_201105020018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Faisal Akbar, Toton Fanshurna, M.E.I 2024: Strategi Bersaing Pengusaha
Mebel di Desa Selobanteng Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo
Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Kata Kunci: Strategi Bersaing, Mebel, Etika Bisnis Islam
Persaingan usaha merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. Maka dari
itu para pengusaha harus memiliki strategi untuk menghadapi persaingan yang
ada, dengan berbagai macam cara tanpa melanggar aturan yang ada, terutama
aturan dalam bisnis Islam bagi umat muslim.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah: 1)
Bagaimana strategi bersaing pengusaha mebel di Desa Selobanteng Kecamatan
Banyuglugur Kabupaten Situbondo dalam perspektif etika bisnis Islam? 2)
Bagaimana pandangan etika bisnis Islam pada strategi bersaing pengusaha mebel
di Desa Selobanteng Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi
bersaing pengusaha mebel di Desa Selobanteng Kecamatan Banyuglugur
Kabupaten Situbondo dalam perspektif etika bisnis Islam 2) Untuk mengetahui
pandangan etika bisnis Islam pada strategi bersaing pengusaha mebel di Desa
Selobanteng Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian diusaha mebel di Desa Selobanteng. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik
triangulasi data.
Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa 1) Strategi biaya
rendah dengan menggunakan jenis kayu Gamelina bukan jati, strategi differensiasi
melalui ukiran yang memiliki ciri khas dan inovasi produk, dan strategi fokus
dengan hanya menggunakan kayu jati sebagai bahan utama. 2) Strategi bersaing
yang diterapkan oleh pengusaha mebel ada yang sesuai dengan etika bisnis Islam
dan ada juga yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Faisal Akbar |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:04 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37144 |
Actions (login required)
View Item |