ANALISIS EFISIENSI SHARIA MARKETING COSTS GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS USAHA DEPOT AIR MINUM NUSA DESA SIDODADI JEMBER

Irtifaul Laili,, Sindi (2024) ANALISIS EFISIENSI SHARIA MARKETING COSTS GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS USAHA DEPOT AIR MINUM NUSA DESA SIDODADI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI SINDI IRTIFAUL LAILI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sindi Irtifaul Laili, M.F. Hidayatullah : “Analisis Efisiensi Sharia Marketing Costs Guna Meningkatkan Profitabilitas Usaha Depot Air Minum Nusa Desa Sidodadi Jember”.

Kata Kunci: Sharia Marketing, Marketing Costs, Efisiensi, dan Profitabilitas.

Biaya pemasaran merupakan biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk. marketing syariah, seluruh proses baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses perubahan nilai tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang islami. Dengan demikian biaya pemasaran penting dan perlu dihitung untuk pengambilan keputusan suatu usaha.
Fokus penelitian yang akan diteliti dari skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan sharia marketing costs pada usaha depot air minum nusa di Desa Sidodadi Jember? 2) Bagaimana efisiensi sharia marketing costs dapat meningkatkan profitabilitas pada usaha depot air minum nusa di Desa Sidodadi Jember?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini yaitu 1) Mengetahui penerapan sharia marketing costs pada usaha depot air minum nusa di Desa Sidodadi Jember, 2) Mengetahui efisiensi sharia marketing costs dapat meningkatkan profitabilitas pada usaha depot air minum nusa di Desa Sidodadi Jember.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu study lapangan. Lokasi penelitian terletak di Depot Air Minum Nusa di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi Sumber dan Teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) penerapan sharia marketing pada depot air minum nusa sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal. berhasilnya usaha depot air minum nusa di Desa Sidodadi Jember menggunakan sharia marketing didukung dengan kualitas dari air minum yang baik, bersih, juga higenis, pelayanan yang baik, harganya terjangkau, merek air sudah terpercaya, banyak dari masyarakat yang mengkonsumsi dan cocok. 2) Efisiensi sharia marketing costs dapat meningkatkan profitabilitas pada usaha depot air minum nusa di Desa Sidodadi Jember dapat dilihat dari biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran Rp.5.600.000 dan profit yang dihasilkan sebesar Rp.34.650.000 yang berarti biaya yang dikeluarkan selaras dengan keuntungan yang didapatkan dan sudah efisien. Hal tersebut juga diperkuat dengan tingkat efisisiensi sebesar 7,54%. Serta kemampuan menghasilkan laba sebesar 64% yakni perhitungan NPM pada Usaha Depot Air Minum Nusa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: SINDI IRTIFAUL LAILI
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:22
Last Modified: 20 Nov 2024 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37157

Actions (login required)

View Item View Item