Fadilla, Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZATASE (ZATHURA BERBASIS ASSEMBLR EDU)PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NUR FADILLA_211101040039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Pemilihan media pembelajaran tentunya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan zaman dan karakteristik peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara, dalam pembelajaran ditemukan sejumlah kendala yakni peserta didik di kelas VI masih minim antusias dan kesulitan dalam memahami materi terkait tata surya karena belum adanya media yang memungkinkan. Oleh sebab itu, media pembelajaran ZATASE (Zathura berbasis Assemblr Edu) digunakan untuk dapat menarik antusias dan membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah di antaranya: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran ZATASE pada mata pelajaran IPAS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran ZATASE pada mata pelajaran IPAS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember? 3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran ZATASE pada mata pelajaran IPAS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember? Adapun tujuannya ialah: 1) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran ZATASE pada mata pelajaran IPAS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember, 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran ZATASE pada mata pelajaran IPAS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember dan 3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran ZATASE pada mata pelajaran IPAS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Metode yang digunakan ialah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 22 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) produk yang dikembangkan adalah media ZATASE mata pelajaran IPAS untuk kelas VI MIN 3 Jember, 2) hasil persentase dari kelima validator yakni ahli materi, ahli media 1 dan 2, ahli bahasa serta ahli pembelajaran ialah 93,74% yang berarti sangat layak, 3) hasil uji efektivitas menggunakan uji t-test dengan Paired Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah menggunakan media ZATASE. Uji N-Gain diperoleh skor 0,69 yang artinya memiliki peningkatan yang sedang. Sehingga, dapat disimpulkan media pembelajaran ZATASE cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Nur Fadilla |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 08:41 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37158 |
Actions (login required)
View Item |