Fahrezi, Amirza (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KESADARAN SHALAT WAJIB BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BUSTANUL MAKMUR GENTENG. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Amirza Alwi Fahrezi NIM.201101010044 (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Amirza Alwi Fahrezi, 2024: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Menanamkan Kesadaran Shalat Wajib Bagi Peserta Didik Di Sekolah Menengah
Pertama Bustanul Makmur Genteng.
Kata kunci : Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Shalat Wajib.
Melihat fenomena pendidikan dan kondisi remaja saat ini, maka
penanaman kewajiban shalat lima waktu harus selalu dilakukan setiap harinya
agar siswa selalu taat shalat lima waktu baik di sekolah maupun di luar sekolah,
dalam pelaksanaan nya,peran guru sangatlah penting, yakni guru berperan sebagai
pembimbing,motivator dan pemimpin.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana peran guru
sebagai pembimbing, motivator dan sebagai pemimpin dalam menanamkan
kesadaran shalat wajib bagi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Bustanul
Makmur?.
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan
Peran guru secara spesifik, seperti peran guru sebagai pembimbing,motivator dan
pemimpin dalam menanamkan kesadaran shalat wajib bagi peserta didik di
Sekolah Menengah Pertama Bustanul Makmur Genteng.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan analisis data yang digunakan adalah analisis data
deskriptif kualitatif dengan model interaktif. . teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis yang
digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Langkahnya meliputi:
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya
menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1) peran guru sebagai pembimbing
dalam menanamkan kesadaran shalat wajib bagi peserta didik adalah guru sebagai
controlling (memantau dan mengarahkan siswa) dalam kegiatan keagamaan yang
dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam. (2) Peran guru sebagai
motivator dalam menanamkan kesadaran shalat wajib bagi peserta didik adalah
guru memberikan contoh yang baik dan memberikan suatu motivasi ketika
pembiasaan keagamaan dilakukan. (3) peran guru sebagai pemimpin dalam
menanamkan kesadaran shalat wajib bagi peserta didik adalah guru harus bisa
memimpin dan mengkoordinasi jalannya kegiatan keagamaan yang bertujuan
untuk menanamkan kewajiban shalat lima waktu, selain itu guru harus bisa
menganalisis bagian mana yang kurang dalam kegiatan tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AMIRZA ALWI FAHREZI |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:36 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37208 |
Actions (login required)
View Item |