Rahman, Muhammad Juwandi (2024) STRATEGI KOMUNIKASI MARKETING DALAM MENARIK MINAT PEMASANG IKLAN DI RADIO MAHARDHIKA FM 91.9 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Juwandi Rahman_204103010079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kota Bondowoso sebagai daerah yang sering dikatakan mati oleh banyak orang, membutuhkan media informasi yang mampu memberikan informasi dalam berbagai aspek. Radio Mahardika FM Bondowoso adalah radio yang dinaungi oleh pemerintah. Meskipun di back-up oleh pemerintah, tapi anggarannya terbatas, sehingga radio Mahardika FM membutuhkan strategi tersendiri supaya mendapatkan iklan sebagai pemasukan agar tetap eksis di kalangan masyarakat, dan agar tetap dapat menyajikan program yang unik serta menarik untuk pendengarnya. keberadaan iklan sangat penting dalam media penyiaran, begitu juga pada radio, yang mana pengaruh iklan terhadap isi media telah lama menjadi bahan diskusi di kalangan peneliti komunikasi massa.
Fokus masalah pada penelitian ini ialah 1. Bagaimana strategi komunikasi marketing dalam menarik minat pemasangan iklan di Radio Mahardhika FM Bondowoso? 2. Apa faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi marketing dalam menarik minat pemasangan iklan di Radio Mahardika FM Bondowoso?.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif yang akan menghasilkan deskriptif analisis, teknik pengumpulan data menggunakan tekni wawakcara, observasi dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Penlitian ini menghasilkan 1). Strategi Komunikasi Marketing dalam Menarik Minat Pemasangan Iklan di Radio Mahardhika FM Bondowoso, yang dilakukan melalui beberapa program yakni penawaran paket iklan yang menarik, Strategi kolaborasi kemitraan, strategi peningkatan kualitas konten, pemanfaatan media digital, dan penyiaran iklan melalui program siaran radio. Radio Mahardhika FM Bondowoso menerapkan pendekatan komunikasi pemasaran yang komprehensif dengan mengacu pada berbagai teori strategi dan pemasaran. Dengan menggunakan konsep-konsep strategi perusahaan, korporat, bisnis, dan fungsional, radio ini merancang dan melaksanakan kebijakan yang efektif untuk menarik minat pemasangan iklan. Penggabungan prinsip-prinsip strategi dan pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pengiklan, sehingga Radio Mahardhika FM Bondowoso dapat mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan. 2) Faktor pendukung strategi komunikasi pemasaran di Radio Mahardhika FM Bondowoso meliputi segmentasi pasar, konten menarik, pelayanan maksimal, dan fasilitas pendukung. Sedangkan faktor penghambat yakni berupa kurangnya sumber daya manusia dan kemajuan teknologi elektronik yang mempengaruhi daya tarik pemasangan iklan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muhammad Juwandi Rahman |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 06:39 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37217 |
Actions (login required)
View Item |