IZZATUL, AFIDAH (2021) Penggunaan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.
Text
IZZATUL AFIDAH_T2017904.pdf Download (5MB) |
Abstract
Izzatul Afidah, 2021. Penggunaan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Google formulir, intrumen penilaian kognitif Instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS kelas IX di MTsN I Pasuruan digunakan dalam ulangan harian dan pemberian tugas pada peserta didik sedangkan untuk penilaian akhir semester ( PAS ) menggunakan elearning Madrasah, untuk pengoperasian Google formulir bagi guru dilakukan secara mandiri dan Madrasah hanya memberikan fasilitas yang dapat mempermudah dalam kegiatan pembelajaran terutama pada saat pembelajaran secara daring seperti internet dan paket data baik untuk guru maupun peserta didik. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana langkah-langkah penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021?, (2) Bagaimana efektifitas penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus (case study). Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) langkah-langkah penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS kelas IX: (a) membuat kisi-kisi, (b) membuat lembar soal, (c) membuka aplikasi Google formulir dengan terlebih dulu login ke akun Google, (d) membuat judul evaluasi pembelajaran dengan aplikasi Google formulir, (e) membuat soal dan kunci jawaban pada aplikasi Google formulir, (f) membagikan link kepada siswa. (2) Penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis Google formulir pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di MTsN 1 Pasuruan adalah efektif. Untuk mengukur Efektifitas Penggunaan Insturmen Penilaian Kognitif Berbasis Google formulir diukur dari hasil ulangan harian yang diperoleh peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Google formulir. Sebelum menggunakan Google formulir 42,86%peserta didik yang tuntas dan 57,14 % peserta didik yang tidak tuntas sedangkan sesudah menggunakan Google formulir peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran sebesar 85,71% dan peserta didik yang tidak tuntas dalam pembelajaran sebesar 14,29 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:12 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3726 |
Actions (login required)
View Item |