Ziyadatul islamiyah, - (2020) penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal kelas B di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Proggam Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
Ziyadatul islamiyah_T20165011.pdf Download (18MB) |
Abstract
Islamiyah,Ziyadatul, 2020: penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal kelas B di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun pelajaran 2019/2020 Pembelajaran kooperatif merupakan salahh satu model pembelajaran di paud darul fikr. Pembelajaran kecerdasan interpersonal dengan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang dilakukan ole guru atau pendidik dalam menyajikan materi pelajaran, dengan cara memperkenalkan teman satu persatu dengan menggunakan nyanyian atau tebakan. Hal tersebut agar memudahkan peserta didik dalam menguasi atau memahami materi tersebut. Dengan peningkatan kecerdasan interpersonal dengan pelaksanan model pembelajaran kooperatif di harapkan mampu mencapai hasil pembelajaran dan sebagai media bermain dan belajar bagi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan peenelitian di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember yang menerapkan model pembelajaran kooperatif. Fokus masalah yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal kelas B di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Bagaimana pelaksanaan perencanaan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal kelas B di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal kelas B di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Tujuan peneliti adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun teknika pengumpulan data menggunakan wawancara semi tersetektur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsaan data dengan teknik tringulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) perencanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.3) evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di kelas B PAUD Darul Fikr Talangsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:12 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3730 |
Actions (login required)
View Item |