mplementasi Pembelajaran dengan Metode Think Pair Share dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Tahun Ajaran 2020/2021

ENY AYU, HUMAIROH (2021) mplementasi Pembelajaran dengan Metode Think Pair Share dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Eny Ayu Humairoh_T20174089.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eny Ayu Humairoh, 2021: Implementasi Pembelajaran dengan Metode Think Pair Share dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Tahun Ajaran 2020/2021. MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel wuluhan adalah salah satu madrasah ibtidaiyah yang menggunakan metode Think Pair Share terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dimana dengan penggunaan metode Think Pair Share ini guru kelas VI dapat mendesain pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sebuah pembelajaran yang awalnya membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, tumbuhnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini ada 3 yaitu; 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan metode Think Pair Share dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode Think Pair Share dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pembelajaran dengan metode Think Pair Share dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan metode Think Pair Share untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana. Dan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran dengan metode Think Pair Share yaitu guru kelas memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat mempengaruhi kelancaran diskusi, menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan dipecahkan oleh siswa dalam diskusi kelompok, dan menyiapkan media pembelajaran, pada perencanaan ini guru kelas tetap menyusun RPP yang mengacu pada Kalender Pendidikan, Rencana Pekan Efektif (RPE), Program Tahunan, Program Semester, dan silabus, dimana penyusunan RPP ini disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan juga tetap sesuai prosedur dari pemerintah dengan menggunakan kurikulum 2013 per mata pelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia ada tiga kegiatan pembelajaran yaitu: kegiatan pendahuluaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti menggunakan metode Think Pair Share dengan lima tahapan yaitu pendahuluan, Think (berfikir), Pair (berpasangan), Share (berpasangan), dan tahap penghargaan. 3) Evaluasi pembelajaran dengan metode Think Pair Share menggunakan tiga ranah yaitu: ranah kognitif berupa tes tulis dan tes lisan, ranah afektif berupa penilaian sikap, dapat dlihat cara peserta didik dalam menerima pelajaran dan juga tingkah laku peserta didik dalam kelas, pada penilaian ini dapat terlihat tumbuhnya motivasi belajar peserta didik seperti, tekun dan semangat menghadapi tugas, tidak gampang putus asa dalam mengerjakan tugas, dapat mempertahankan pendapatnya dan teguh pendirian, dan ranah psikomotorik dilakukan dengan menggunakan observasi atau pengamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:13
Last Modified: 31 Mar 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item