Rahayu, Farida (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXCITING CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) BUSTANUL ULUM SUMBEREJO KECAMATAN AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 070 PGMI 2024)
FARIDA RAHAYU WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu Jember kelas IV, peneliti melihat dan mengamati proses belajar mengajar yang tejadi di kelas IV, didapatkan data bahwa ada beberapa guru yang yang mana pembelajaran masih banyak menggunakan metode yang kurang variatif atau terkesan monoton. Seperti halnya, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ada beberapa temuan bahwa guru hanya mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang lebih banyak dalam kegiatan membaca dan mengerjakan soal saja. Hal itu, membuat sebagaian peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV menjadi kurang efektif sehingga membuat hasil belajar peserta didik di sekolah ini belum bisa termotivasi secara maksimal dan kurang berkembang.
Rumusan Masalah pada penelitian ini 1. Bagaimana desain pengembangan exciting card dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul UlumSumberejo Ambulu Jember? 2. Bagaimana kelayakam pengembangan exciting card dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul UlumSumberejo Ambulu Jember? 3. Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media exciting card terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul UlumSumberejo Ambulu Jember?
Tujuan Penelitian dan pengembangan : 1.Untuk mendeskripsikan desain pengembangan exciting card dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul UlumSumberejo Ambulu Jember. 2. Untuk mengetahui kelayakam pengembangan exciting card dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul UlumSumberejo Ambulu Jember. 3. Untuk mendeskripsikan pengaruh yang signifikan dari penggunaan media exciting card terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanul UlumSumberejo Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan, yang dikenal sebagai Research and Development (RnD). Pendekatan penelitian ini dimanfaatkan untuk menyelidiki dan menciptakan suatu produk khusus, serta menguji efektivitas dan validitas dari produk tersebut. Metode pengembangan yang dipakai adalah metode ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation yang dicetus oleh Dick and Carey (1996). Fokus utama dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar dalam bentuk exciting card yang dilengkapi dengan gambar berilustrasi dan barcode.
Hasil dari penelitian ini 1. Media dengan desain pengembangan exciting card memiliki daya tarik yang tinggi dari siswa kelas IV di SDI Bustanul Ulum Sumberejo 2. Media pembelajaran desain pengembangan exciting card dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajran. 3. Adanya peningkatan nilai yang signifikan anatara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajran media desain pengembangan exciting card dengan hasil uji T nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 yang mana itu memiliki perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FARIDA RAHAYU |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:30 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37363 |
Actions (login required)
View Item |