mplementasi Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Sikap Sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Al Faruq Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021.

Ayu Ferliana, - (2021) mplementasi Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Sikap Sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Al Faruq Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Ayu Ferliana_ T20179020.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ayu Ferliana, 2021. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Sikap Sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Al Faruq Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sikap Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial Pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS diharapkan menjadi tongkat dalam berperilaku disekolah dan dilingkungan masyarakat. Inovasi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan karakter sikap sosial kedalam pendidikan agar dapat terhindar dari beberapa fenomena sosial saat ini, yang ditunjukan dengan berprilaku yang tidak berkarakter serta gejala- gejala yang menandakan tergerusnya karakter sebuah bangsa. Di MTs Al Faruq Bondowoso menerapkan pendidikan karakter dengan mengembangkan sikap sosial pada seluruh siswa agar perilaku dan tatak karma yang sebelumnya menjadi masalah dalam dunia sekolah mereka agar kedepannya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana langkah- langkah implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS?, (2) Sikap sosial apa yang di kembangkan melalui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS?, (3) Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui langkah- langkah pendidikan karakter dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS, (2) Untuk menguraikan sikap sosial apa saja yang dikembangkan melalui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, (3) Untuk menguraikan faktor apa saja yang menghambat dan mendukung implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus (case study). Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Analisis data yang di gunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) langkah-langkah implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan sikap sosial: (a) melalui kegiatan kurikuler , (b) non kurikuler. (2) sikap sosial yang dikembangkan dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS: (a) jujur, (b) bekerjasama, (c) toleransi, (d) peduli, (e) disiplin, (f) tanggung jawab, (g) percaya diri. (h) religius (3) faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS: (a) faktor penghambat meliputi: faktor keluarga, faktor lingkungan teman, faktor dari siswa itu sendiri, (b) faktor pendukung meliputi: kepala sekolah dan ketua yayasan, guru pengajar dan staf, orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:13
Last Modified: 18 Mar 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item