Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis diferensiasi pada kelas X di SMAN Arjasa Jember

Annas, Mohamad (2024) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis diferensiasi pada kelas X di SMAN Arjasa Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 230 PAI 2024)
MOHAMAD ANNAS_T20191067-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Mohamad Annas, 2024, Implementasi pembelajaran PAI berbasis Berdiferensi
pada kelas X SMA N Arjasa Jember
Kata kunci, pembelajaran, berdiferensi, pendidikan agama islam, siswa.
Dalam sistem pendidikan, kurikulum itu sifatnya dinamis serta harus
selalu dilakukan perubahan dan pengembangan agar dapat mengikuti
perkembangan dan tantangan zaman. Berdasarkan hal itu, jika melihat sistem
pendidikan Indonesia saat ini, telah banyak mengalami perubahan. Baik itu dari
perubahan kurikulum, mengembangkan sistem proses pembelajaran, dan
manfaatkan sarana prasarana untuk sistem pendidikan bahkan meningkatkan mutu
guru sebagai seorang pendidik. Oleh karena itu peneliti tertari meneliti
pembelajaran berdiferensi di SMA N Arjasa, yang merupakan sekolah
percontohan yang telah memiliki pelatihan dalam mengimplementasikan
pembelajaran berdiferensi
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi
pembelajaran PAI elemen akhlak berbasis Diferensiasi pada siswa kelas X di
SMA Negeri Arjasa. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PAI
elemen fikih berbasis Diferensiasi pada siswa kelas X di SMA Negeri Arjasa.
Penelitian ini menggunakan kualitatif jenis deksriptif dtufy kasus,teknik
pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data dengan
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, keabsahan data dengan triangulasi
sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pada implementasi pembelajaran akhlaq
di SMA N Arjasa, memiliki perencanaan yang sesuai dengan kurikulum merdeka
yaitu menggunakan assesmen diagnostik, untuk menentukan, tujuan
pembelajaran, capaian pembelajaran, dan metode yang ingin di pakai. Pada
penerapan implementasi pembelajaran akhlaq juga menggunakan pendekatan dan
metode yang beragam, mengaitkan dengan pengalaman pribadi siswa dan
menciptakan suasana yang menyenangkan. Lalu pada tahap assesmen di
pembelajaran akhlaq ini menggunakan assesmen formatif, dan sumatif. Berupa
Tes harian, keaktifan siswa,UTS dan UAS. 2) Pada implementasi pembelajaran
fiqih menurut peneliti juga sudah sesuai dengan teori kurikulum merdeka, dimana
pada perencanaan juga sama dengan materi akhlaq yaitu menggunakan assesmen
diagnostik awal, kemudian merancang pembelajaran yang sesuai dengan materi.
Pada penerapan materi fiqih juga menggunakan metode yang beragam, koperatif,
PBL. Semua metode pembelajaran di gabung dan mencipatakan pembelajaran
kelompok yang di laksanakan dalam 2 pertemuan dan membuat siswa di masing
masing kelompok bekerja sama melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan
mereka. lalu pada assesmen ahir juga menggunakan assesmen sumatif dan
formatif, bertupa tes harian, keaktifan, UTS,dan UAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Mohamad annas
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:29
Last Modified: 06 Dec 2024 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37440

Actions (login required)

View Item View Item