Siti, Nafiah (2020) Metode Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
Siti Nafiah_T20165099.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siti Nafiah, 2020: Metode Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember Pengembangan kognitif pada dasarnya dimaksudkan agar anak mampu mengeksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca inderanya, sehingga dengan pengetahuan yang didapatnya anak akan memainkan perannya sebagai makhluk tuhan yang harus memberdayakan apa yang ada di dunia ini untuk kepentingannya dan orang lain. Untuk melakukan pengembangan kognitif anak di RA diperlukan model pembelajaran yang cocok dengan masa anak-anak yakni masa bermain untuk itu pembelajaran kognitif dapat dilakukan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember (2) Bagaimana metode pembelajaran pemberian tugas dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember dan (3) Bagaimana metode pembelajaran diskusi dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapang. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: (1) Langkah dalam metode pembelajaran tanya jawab dilakukan melalui (a) Tahap persiapan tanya jawab, yaitu guru membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada siswa, (b) Tahap awal tanya jawab, yaitu kegiatan guru memberikan stimulasi kepada anak, lalu melanjutkan dengan sesi tanya jawab, (c) Tahap akhir tanya jawab, yaitu guru dan anak membuat kesimpulan atau ringkasan soal-soal yang telah ditanyakan tadi, sehingga siswa menjadi semakin paham. (2) Metode pembelajaran pemberian dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di Kelompok B Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember, dilakukan dengan (a) Menetapkan tujuan dan tema yang dipilih, (b) selanjutnya guru guru memberikan tugas setelah sebelumnya diberikan penjelasan mengenai tugas, bahan apa yang digunakan, serta memberikan buku tugas (c) guru memberikan penilaian terhadap tugas yang dilakukan oleh anak. (3) Metode pembelajaran diskusi dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui di Kelompok B Raudhatul Athfal Miftahurrahmah Dukuh Mencek Sukorambi Jember dilakukan dengan (a) guru membentuk kelas menjdi beberapa kelompok, (b) guru mendelegasikan tugas sebagai pemimpin itu kepada siswa dengan pengawan dari guru, (c) guru menetapkan materi yang akan didiskusikan, (4) guru melakukan evaluasi terhadap jalannya diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:13 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3746 |
Actions (login required)
View Item |