Muhith, Abd (2012) Optimalisasi peran serta masyarakat dalam pendidikan. At-Taqwa; Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 3 (8). ISSN 1907-8013
Text
Optimalisasi peran serta masyarakat dalam pendidikan.pdf Download (559kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar atau tidak disadar yang dilakukan atau dialami oleh manusia agar bisa hidup berdampingan dengan manusia lain, menjadi dirinya sendiri dan sebagai hamba Tuhan. Pendidikan memerlukan pengelolaan secara professional dan melibatkan komponen-komponen yang terkait di dalamnya. Dalam peningkatan mutu pendidikan (madrasah) ditentukan faktor internal dan eksternal. Faktor interna terdiri dari sumber daya insani (guru, siswa, dan tenaga kependidikan lainnya), kurikulum, sarana prasarana, dan kondisi keuangan. Faktor eksternal terdiri dari pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Faktor internal dan eksternal saling berkaitan, saling melengkapi, dan saling membutuhkan. Keterkaitan tersebut dapat dianalogikan dengan bahasa tubuh yang digambar oleh Nabi Muhammad SAW laksana bangunan tubuh . Pada kenyataannya. ketiga komponen tersebut masih belum sepenuhnya disadari dan digarap dengan serius, padahal ketiga komponen tersebut amat menentukan gerak dan arah kemajuan pendidikan serta perkembangnnya. Pendidikan di Indonesia walau dari beberapa sisi sudah dirasakan kemajuannya, namun bila dilihat dari dimensi lain mengalami keterpurukan. Keterpurukan tersebut salah satunya kurang optimalnya peranserta masyarak dalam memajukan pendidikan. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam, sudah tentu peran pendidikan islam sangat berpengaruh pada peningkatan lembaga pendidikan, peran serta masyarakat muslim untuk menyokong lajunya perkembagan pendidikan islam mutlak diperlukan keberadaannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Masyarakat, Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 06 May 2019 01:45 |
Last Modified: | 06 May 2019 04:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/375 |
Actions (login required)
View Item |