Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten jember Tahun Ajaran 2018/2019

Mokh. Ikhsan, - (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Mokh. Ikhsan_084158007.pdf

Download (9MB)

Abstract

Mokh Ikhsan 2019: Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten jember Tahun Ajaran 2018/2019 Kata Kunci: strategi talking stick, pembelajan fikih Sebagai salah satu upaya untuk merangsang daya pikir siswa dalam menyerap materi pelajaran fikih di kelas IV MI Miftahul Ulum Antirogo Jember, guru mata pelajaran fikih dalam proses pembelajarannya menerapkan strategi belajar talking stick. Penerapan strategi belajar ini tidak hanya dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya, namun juga dapat memberikan siswa pengalaman belajar yang menyenangkan, karena strategi ini dapat menempatkan siswa dalam kondisi bermain sambil belajar. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran talking stick dalam pembelajaran fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran talking stick dalam pembelajaran fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi penerapan strategi pembelajaran talking stick dalam pembelajaran fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi pembelajaran talking stick dalam pembelajaran fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran talking stick dalam pembelajaran fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui evaluasi penerapan strategi pembelajaran talking stick dalam pembelajaran fikih di MI Miftahul Ulum Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles, Huberman dan Saldana. Analisis data ini meliputi kegiatan Pengumpulan Data (Data Collection), Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan ( Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) pada tahap perencanaan meliputi pelaksaanan rapat guru, penyiapan perangkat pembelajaran seperti silabus dan rpp, tongkat sebagai media strategi pembelajaran talking stick, 2) pelaksanaannya digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix yaitu mengatur siswa di kelas dan guru menjelaskan materi, kemudian guru memberikan pertanyaan dari materi yang diajarkan, setelah itu guru meminta siswa untuk bernyayi bersama dengan memegang stick secara berurutan atau bergilir, pada saat guru mengatakan “stop” maka siswa yang memegang stick harus menjawab pertanyaan tersebut, 3) pada tahap evaluasi, guru menggunakan evaluasi formatif dengan memberikan tes atau tugas pada setiap akhir pembelajaran atau setiap satu pertemuan dan evaluasi sumatif dengan memberikan tes disetiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:58
Last Modified: 18 Mar 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3752

Actions (login required)

View Item View Item