Fungsi Public Relation Dalam Menjaga Citra Lembaga Perguruan Tinggi Di UIN KHAS Jember

Saputra, Trio Ade (2024) Fungsi Public Relation Dalam Menjaga Citra Lembaga Perguruan Tinggi Di UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 089 KPI 2024)
Skripsi Ade Watermark-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Public Relation; Media Relation
Penyebaran informasi yang begitu cepat membuat kita selalu update akan berita-berita yang sedang viral. Seperti yang terjadi pada perguruan tinggi UIN KHAS Jember, kampus ini menjadi sorotan publik dikarenakan munculnya isu kontroversial terkait aksi mahasiswa UIN KHAS Jember berjoget didalam masjid. Kejadian ini memicu perhatian berbagai media yang dengan cepat memberitakan fenomena tak terduga tersebut. Akibatnya, setelah disiarkan dalam media, video ini menjadi viral dan mendapat kritikan komentar dari netizen yang sangat miris terhadap UIN KHAS Jember. Komentar-komentarnya pun sangat beragam, mulai dari pernyataan seperti "lepaskan saja embel-embel Islamnya, sangat tidak layak dan tak beradab" serta "untung anak saya tidak kuliah di UIN Jember.” dan masih banyak komentar lainnya yang dapat mengancam reputasi lembaga perguruan tinggi UIN KHAS Jember. Situasi ini berpotensi menimbulkan sebuah krisis dikarenakan adanya perspektif publik yang dapat menggiring opini negatif terhadap lembaga tersebut.
Penelitian dalam skripsi ini berfokus pada : 1. Bagaimana Humas UIN KHAS Jember dalam menjalankan relasi publik eksternal untuk menjaga citra positif pada Perguruan Tinggi. 2. Bagaimana Humas UIN KHAS Jember dalam menjalankan relasi publik internal untuk menjaga citra positif pada Perguruan Tinggi. 3. Bagaimana Humas UIN KHAS Jember dalam menjalankan relasi media untuk menjaga citra positif pada Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jawaban dari pokok masalah yang telah dirumuskan diatas sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui upaya Humas dalam menjalankan relasi publik eksternal untuk menjaga citra positif lembaga perguruan tinggi UIN KHAS Jember. 2. Untuk mengetahui upaya humas dalam menjalankan relasi publik internal untuk menjaga citra positif lembaga perguruan tinggi UIN KHAS Jember. 3. Untuk mengetahui upaya Humas dalam menjalankan relasi media untuk menjaga citra positif lembaga perguruan tinggi UIN KHAS Jember.
Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik.
Upaya humas dalam membangun relasi eksternal dan internal untuk menjaga citra lembaga perguruan UIN KHAS Jember. Humas Dalam proses menjalin hubungan antara humas dengan publik eksternal dan internal dengan menyelenggarakan kegiatan Gathering, Kajian dan Pelatihan. Sementara itu, Dalam proses menjalin hubungan antara humas dengan media, humas UIN KHAS Jember menggunakan salahsatu bentuk media relation yaitu konferensi pers dan media gathering.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: S.Sos Trio Ade Saputra
Date Deposited: 11 Dec 2024 06:51
Last Modified: 11 Dec 2024 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37581

Actions (login required)

View Item View Item