Pemanfaatan Media Visual 3 Dimensi Dalam Kegiatan Praktek Manasik Haji Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember.

Baidatul, HASANAH (2021) Pemanfaatan Media Visual 3 Dimensi Dalam Kegiatan Praktek Manasik Haji Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Baidatul Hasanah_T20171012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Baidatul Hasanah, 2020: Pemanfaatan Media Visual 3 Dimensi Dalam Kegiatan Praktek Manasik Haji Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember. Kata Kunci: Media Visual 3 Dimensi, Manasik Haji Media adalah suatu alat untuk menyampaikan pesan dari sang pembawa pesan (Guru) kepada penerima pesan (Peserta Didik). Media selalu mengarah kepada sesuatu yang dapat meneruskan pesan atau informasi dan merupakan segala bentuk atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Sedangkan salah satu macam dari media adalah media visual 3 dimensi. Media visual 3 dimensi adalah media yang melibatkan indera penglihatan dan memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Salah satu bentuk pengamalan media visual 3 dimensi ini melalui Pemanfaatan Media Visual 3 Dimensi dalam Kegiatan Praktek Manasik Haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember. Fokus penelitiannya adalah 1). Bagaimana proses pemanfaatan media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember?. 2). Mengapa SMPN 1 Jengggawah Jember memilih media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. 3). Apa kelebihan dan kekurangan dari pemanfaatan media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember?. Tujuan penelitiannya adalah: 1) Mendeskripsikan proses pemanfaatan media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember. 2).Mendeskripsikan alasan SMPN 1 Jenggawah Jember memilih media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3). Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari pemanfaatan media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara semi tersetruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana tahun 2014 meliputi data condentation, data display, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1). Proses pemanfaatan media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jenggawah Jember dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut atau evaluasi. 2) Alasan SMPN 1 Jenggawah Jember memilih media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji karena media tersebut merupakan media yang paling tepat untuk materi tersebut sehingga media visual 3 dimensi dipilih dalam kegiatan manasik haji. 3). Kelebihan dari media visual 3 dimensi adalah membantu siswa dengan mudah dan cepat dalam memahami materi ibadah haji dan umroh dan kekurangannya adalah memerlukan tempat yang luas dalam memanfaatkan media visual 3 dimensi dalam kegiatan praktek manasik haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:59
Last Modified: 18 Mar 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item