DAKWAH DI ERA DIGITAL MELALUI GAME ONLINE: LIVE STREAMING GAME MOBILE LEGEND PADA AKUN TIKTOK @ABIAZKAKIAA

Fikriyah Habibie, Muhammad Anjab (2024) DAKWAH DI ERA DIGITAL MELALUI GAME ONLINE: LIVE STREAMING GAME MOBILE LEGEND PADA AKUN TIKTOK @ABIAZKAKIAA. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK 1090 KPi 2024)
SKRIPSI MUHAMMAD ANJAB FIKRIYAH HABIBI 204103010043 KPI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang dakwah. Era digital membuka peluang baru bagi penyebaran pesan-pesan dakwah melalui platform-platform modern, salah satunya adalah game online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dakwah dilakukan melalui live streaming game Mobile Legend pada akun TikTok @Abiazkakiaa serta dampaknya terhadap audiens.
Fokus penelitian yang diteliti antaranya: 1) Bagaimana dakwah yang dilakukan Ustad Abiazkakiaa melalui game Mobile Legend?, 2) Apa efek yang di alami penonton setelah melihat dakwah melalui live streaming game mobile legend pada akun tiktok @abizkakiaa?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap live streaming pada akun TikTok @Abiazkakiaa, wawancara dengan penyelenggara, serta tinjauan literatur terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun TikTok @Abiazkakiaa memanfaatkan live streaming game Mobile Legend sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dakwah dengan cara yang interaktif dan menarik. Dalam sesi live streaming, pesan-pesan dakwah disampaikan secara halus melalui diskusi dan interaksi yang relevan dengan tema game, serta dalam bentuk penanaman nilai-nilai Islam yang dikemas dalam format hiburan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi dakwah digital serta memberikan wawasan bagi para penggiat dakwah dalam memanfaatkan media sosial dan teknologi untuk menyebarluaskan nilai-nilai Islam. Selanjutnya, disarankan agar penelitian ini dapat dilanjutkan dengan kajian lebih mendalam mengenai dampak jangka panjang dari metode dakwah melalui game online serta respons audiens dari berbagai demografis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Anjab Fikriyah Habibie
Date Deposited: 11 Dec 2024 04:36
Last Modified: 11 Dec 2024 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37606

Actions (login required)

View Item View Item