Salsabila, Adinda Mareta (2024) ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA SD SUCO 1 MUMBULSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.
Text (SK 063 PI 2024)
Adinda Mareta Salsabila_205103050007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan sosial emosional merupakan proses belajar anak untuk
memahami dan beradaptasi dengan situasi dan emosi dalam berinteraksi dengan
orang lain. Perkembangan ini terjadi sejak lahir dan paling pesat pada lima tahun
pertama kehidupan anak. Permasalahan yang saat ini sering terjadi pada siswa
adalah tidak menggunakan handphone sebagai media untuk belajar melainkan
untuk bermain game online yang akan berdampak terhadap perkembangan sosial
emosional mereka ketika berada di dalam lingkungan rumah maupun sekolahnya.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Faktor apa sajakah yang mendukung siswa
SD Suco 1 Mumbulsari Jember untuk bermain game online? 2. Bagaimana
dampak positif dan negatif game online terhadap perkembangan sosial emosional
siswa SD Suco 1 Mumbulsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui tentang faktor apa
sajakah yang mendukung siswa SD Suco 1 Mumbulsari Jember untuk bermain
game online. 2.Untuk mendeskripsikan tentang bagaimana dampak positif dan
negatif game online terhadap perkembangan sosial emosional siswa SD Suco 1
Mumbulsari Jember.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
jenis deskriptif. Strategi pengumpulan data pemeriksaan ini menggunakan tiga
teknik, yaitu: observasi non partisipan wawancara terstruktur dan dokumentasi.
Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik,
triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Faktor yang mendukung siswa untuk
bermain game online di SD Suco 1 Mumbulsari Jember yaitu karena orang tua
tidak mengontrol anaknya didalam penggunaan game online, siswa bergaul
dengan anak yang putus sekolah atau tidak sekolah, timbulnya rasa penasaran
siswa terhadap dunia game online, timbul rasa bosan siswa terhadap pelajaran
disekolah 2. Dampak negatif yang terjadi terhadap siswa yang bermain game
online terhadap perkembangan sosial emosionalnya ketika disekolah siswa
kurangnya interaksi sosial, kurang percaya diri, sering berdiam diri di dalam
kelas, tidak bisa mengendalikan emosi, sering berkata kasar,tidak peduli dengan
teman dan lingkungannya dampak positif siswa yang bermain game online
terhadap perkembangan sosial emosionalnya ketika disekolah siswa dapat
menunjukkan kemampuan bersosialisasi, mampu bekerja sama dengan teman,
siswa dapat mengendalikan emosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | Adinda Mareta Salsabila |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:57 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37607 |
Actions (login required)
View Item |