Rahmania, Nicky Af Idatut Tasya (2024) PENGGUNAAN METODE TURKI UTSMANI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL QUR’AN BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 248 PAI 2024)
NICKY AF IDATUT TASYA RAHMANIA.SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Metode Turki Utsmani yaitu menghafal Al-Qur’an dengan cara urut
mundur. Dimana langkah menghafalnya yaitu dari halaman belakang setiap juz
nya. Kelebihan dari metode Turki Utsmani mampu memberikan efek psikologis
yang positif bagi para penghafal Al-Qur’an. Kondisi penghafal yang Al-Qur’an
yang terkadang merasakan kejenuhan dapat diminimalisir dengan sistem putaran
atau acak dari belakang. Adanya menghafal dari belakang hingga ke depan juz
dapat menimbulkan motivasi murojaah, kuatnya hafalan dan mempercepat
menambah hafalan baru. Sehingga peneliti tertarik meneliti objek metode Turki
Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an
Balung Jember.
Fokus penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode Turki Utsmani dalam
menghafal Al-Qur’an santriwati di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung
Jember (2) Bagaimana efektivitas penggunaan metode Turki Utsmani dalam
menghafal Al-Qur’an santriwati di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung
Jember.
Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data pada tahap pengumpulan data yaitu kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapaun keabsahan data menggunakan
triangulasi Teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu (1) Pada
penggunaan metode Turki Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an santriwati di
pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung Jember, ialah memulai hafalan juz 30,
hafalan surat pilihan dan hafalan juz 29. Kemudian dilanjut hafalan juz 1 pada
halaman terakhir dari setiap juznya, lalu membaca lima baris pertama yang akan
dihafal setidaknya 15 kali, dengan memperhatikan bacaan makhorijul huruf fan
tajwid, kemudian dibaca sebanyak 12-13 kali dengan tadwir (membaca dengan
kecepatan sedang), dan jika dibutuhkan halaman tersebut bisa dibaca lagi secara
hadr (membaca cepat). (2) Efektivitas penggunaan metode Turki Utsmani dalam
menghafal Al-Qur’an santriwati di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Balung
Jember, terbukti mampu membantu santriwati untuk menambah hafalan secara
konsisten, yakni minimal 1 halaman pada setiap akhir perjuz. Efektivitas ini
didukung oleh beberapa faktor kunci efektivitasnya, seperti mutu pengajaran.
Intensifitas pemebelajaran, motivasi, serta waktu. Dengan kombinasi keempat
faktor ini, metode Turki Ustmani terbukti memberikan hasil yang optimal bagi
santriwati dalam menghafal di pesantren tersebut.
Kata kunci: Penggunaan Metode Turki Utsmani, Menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Nicky Af Idatut Tasya Rahmania S.Pd. |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 06:40 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37622 |
Actions (login required)
View Item |