Penerapan strategi active learning tipe true or false pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Jember Tahun Ajaran 2024/2025

Syakdiyah, Alifia Halimatus (2024) Penerapan strategi active learning tipe true or false pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_ALIP REVISI SIDANG WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Alifia Halimatus Syakdiyah, 2024: “Penerapan Strategi Active Learning Tipe
True Or False Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas X di Sekolah Menengah Atas Arjasa Jember Tahun Ajaran 2024/2025.”
Kata Kunci : Hasil belajar, Strategi true or false
Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran di Sekolah Menengah
Atas Negeri Arjasa Jember adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Syuabul
Iman mengindikasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan
interaktif untuk meningkatkan kualitas hasil belajar. Salah satu cara mengatasi
masalah tersebut guru menggunakan strategi active learning tipe true or false.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan
strategi active learning tipe true or false pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti? 2) Bagaimana kelebihan penerapan strategi active
learning tipe true or false pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti? 3) Bagaimana kekurangan dan solusi penerapan strategi active learning
tipe true or false pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti?
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi
active learning tipe true or false pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti. 2) Mendeskripsikan bagaimana kelebihan penerapan strategi
active learning tipe true or false pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti. 3) Mendeskripsikan bagaimana kekurangan dan solusi
penerapan strategi active learning tipe true or false pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi pasif, dan
dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Penerapan strategi true or
false ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Strategi ini memberikan kesempatan bagi
siswa untuk belajar aktif, dan menguji pemahaman siswa terhadap materi yang
diajarkan. 2) Strategi ini memiliki kelebihan dalam meningkatkan hasil belajar
siswa, strategi ini dapat mendorong siswa lebih aktif dan melatih ketrampilan, dan
menciptakan suasana yang interaktif. 3) Kekurangan terhadap strategi ini yaitu
berkaitan dengan keramaian kelas yang sulit dikendalikan serta fokus siswa yang
lebih tertuju pada aspek kesenangan daripada tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syakdiyah Alifia Halimatus Syakdiyah
Date Deposited: 16 Dec 2024 07:36
Last Modified: 16 Dec 2024 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37631

Actions (login required)

View Item View Item