Rahmanita, Henni Fitria (2024) Penerapan Model Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
HENNI FITRIA RAHMANITA_212101010012_WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Menciptakan siswa yang aktif dalam pembelajaran, dapat diatasi dengan menerapkan model Rotating Trio Exchange. Siswa di SMA Negeri 3 Jember selama proses pembelajaran, banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran tersebut, Berbeda melalui model Rotating Trio Exchange, melalui model ini siswa dapat saling bekerja sama, mengembangkan kemampuan sosial, komunikasi, membangun minat, dan merangsang berpikir.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan siswa dalam bertanya melalui penerapan model Rotating Trio Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana keaktifan siswa dalam berdiskusi melalui penerapan model Rotating Trio Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana keaktifan siswa dalam mencari informasi melalui penerapan model Rotating Trio Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keaktifan siswa dalam bertanya melalui penerapan model Rotating Trio Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2024/2025. 2) Mendeskripsikan keaktifan siswa dalam berdiskusi melalui penerapan model Rotating Trio Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2024/2025. 3) Mendeskripsikan keaktifan siswa dalam mencari informasi melalui penerapan
model Rotating Trio Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: Pembelajaran dalam kelompok kecil memberikan suasana yang mendukung siswa untuk lebih percaya diri bertanya, baik kepada teman maupun guru. Rotasi kelompok dan suasana pembelajaran yang mendukung memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam diskusi dan saling berbagi pendapat. Siswa tidak hanya bergantung pada penjelasan guru, tetapi juga memamfaatkan buku, internet, dan sumber lainnya untuk memperdalam pemahaman mereka.
Kata kunci: Keaktifan belajar, Model Rotating Trio Exchange
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rahmanita Henni Fitria Rahmanita |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 07:40 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 07:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37670 |
Actions (login required)
View Item |