Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Menstimulus Kemampuan HOTS pada Peserta Didik kelas VII SMP/MTs

Nisak, Shohibatin (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Menstimulus Kemampuan HOTS pada Peserta Didik kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shohibatin Nisak_201101100008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Keterampilan Proses Sains, kemampuan Berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill).

Penelitian ini dilakukan karena penggunaan bahan ajar yang masih terbatas dan sering kali peserta didik menghindari kegiatan pembelajaran IPA yang hanya diisi dengan penyampaian materi saja. Hal tersebut diperoleh berdasarkan analisis permasalahan dan hasil wawancara dengan guru IPA. Guru tersebut mengatakan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan metode ceramah saja. oleh karena itu banyak peserta didik yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui validitas LKPD berbasis keterampilan proses sains untuk menstimulus kemampuan HOTS pada peserta didik kelas VII SMP/MTs. 2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis keterampilan proses sains untuk menstimulus kemampuan HOTS pada peserta didik kelas VII SMP/MTs. 3) Untuk mengetahui keefektifan LKPD berbasis keterampilan proses sains untuk menstimulus kemampuan HOTS pada peserta didik kelas VII SMP/MTs.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis (Analisa), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di MTs Al-Firdaus Panti Jember. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil validitas dari ketiga validator yaitu memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 88,00% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil respon peserta didik terhadap LKPD berbasis KPS skala kecil memperoleh nilai 90,00% dengan kategori sangat menarik dan skala besar memperoleh nilai 91,08% dengan kategori sangat menarik. 3) Hasil efektivitas pada LKPD berbasis keterampilan proses sains memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,4073 dengan kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa "LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains efektif sehingga dapat digunakan untuk menstimulus kemampuan HOTS pada peserta didik kelas VII SMP/MTs".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030199 Analytical Chemistry not elsewhere classified
03 CHEMICAL SCIENCES > 0306 Physical Chemistry (incl. Structural) > 030699 Physical Chemistry not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Perpustakaan Shohibatin Nisak
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:25
Last Modified: 13 Dec 2024 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37684

Actions (login required)

View Item View Item