MOH.ARIS EFENDI, - (2021) “Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Fathul Qorib Mujib Pada Kelas XI di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 ”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MOH. HARIS EFENDI_T20171066.pdf Download (1MB) |
Abstract
Moh. Haris Efendi, 2021: “Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Fathul Qorib Mujib Pada Kelas XI di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 ”. Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih, Kitab Fathul Qorib Mujib Pembelajaran fiqih menggunakan kitab Fathul Qorib Mujib di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates merupakan pembelajaran wajib yang harus ditempuh selama 2 tahun. Hal tersebut bertujuan untuk membekali siswa yang latar belakang mereka berbeda-beda agar mengetahui tentang ilmu agama Islam melalui pembelajaran kitab fiqih Fathul Qorib Mujib ini. Untuk kelas XI mereka mempelajari bab sholat dan puasa sebagai landasan mereka agar mengetahui hukum-hukum pada saat mereka melakukan ibadah dalam kehidupan sehari-hari dan bekal pada saat ujian praktek madrasah. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pembelajaran Fiqih Kitab Fathul Qorib Mujib bab Shalat. (2) Bagaimana Pembelajaran Fiqih Kitab Fathul Qorib Mujib bab Puasa. (3) Apa saja Kendala dan Solusi Dalam pembelajaran fiqih menggunakan kitab Fathul Qorib Mujib. Tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan Pembelajaran Fiqih Kitab Fathul Qorib Mujib bab Shalat. (2) Mendeskripsikan Pembelajaran Fiqih Kitab Fathul Qorib Mujib bab Puasa. (3) Mendeskripsikan Apa saja Kendala dan Solusi dalam pembelajaran fiqih menggunakan kitab Fathul Qorib Mujib. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Jember. Metode pengambilan subyek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif miles, huberman, dan saldana melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sesuai dengan hasil analisis, maka dalam Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Fathul Qorib Mujib pada Kelas XI di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah, (1) Pembelajaran fiqih menggunakan kitab Fathul Qorib Mujib dengan mempelajari bab sholat yang mana proses pembelajarannya melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, serta metodenya menggunakan sorogan dan bandungan, medianya menggunakan kitab dan evaluasinya adalah praktek membaca dan memaknai kitab (2) Pembelajaran fiqih menggunakan kitab Fathul Qorib Mujib dengan mempelajari bab puasa yang mana proses pembelajarannya melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, serta metodenya menggunakan sorogan dan bandungan, medianya menggunakan kitab dan evaluasinya adalah praktek membaca dan memaknai kitab (3) kendala yang terdapat berupa: banyak peserta didik yang kurang akan nilai-nilai keagamaan, meremehkannya proses belajar mengajar, siswa baru belum mengerti tentang kitab Fathul Qorib Mujib, dan siswa yang kesulitan saat guru menggunakan bahasa jawa. Serta solusinya berupa memberikan bimbingan kembali kepada anak-anak mengenai pentingnya nilai- nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dan menekankan pada ibadah yang wajib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:49 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3769 |
Actions (login required)
View Item |