Akmal Fikri, Muhammad Syauqi (2024) Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Terapi Bermain Pada Siswa Autis Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 039 BKI 2024)
skripsi watermark Syauqi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses dan hasil terapi bermain untuk mengembangkan interaksi sosial pada anak Autis di SLBN Jember dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat perkembangan interaksi sosial. Jenis penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Informan diambil melalui teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, walikelas Autis, dan wali murid kelas Autis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan interaksi sosial melalui terapi bermain pada siswa autis di SLBN jember, melalui tahapan persiapan, penerapan, evaluasi. Hasil dari terapi bermainyang diterapkan pada anak Autis di SLBN Jember efektif dalam mengambangkan interaksi sosial, kemandirian, mengubah prilaku menambah fokus, mengontrol emosi. Selain itu dalam mengembangkan interaksi sosial pada siswa Autis ini ada faktor-faktor pendukung seperti faktor lingkungan, mood anak, dan pola asuh dan faktor penghambatnya seperti faktor lingkungan, hambatan motorik, dan mood anak.
Kata kunci: Interaksi Sosial, Terapi Bermain, Anak Autis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Syauqi Akmal Fikri |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 04:33 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 06:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37693 |
Actions (login required)
View Item |