Implementasi Program Education for Sustainable Development Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember

Isnaini, Foni (2024) Implementasi Program Education for Sustainable Development Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Foni Isnaini_205101090010_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Implementasi Program, Education for Sustainable Development (ESD), Sikap Peduli Lingkungan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak akan eksistensi pendidikan yang berorientasi pada SDGs di tengah masalah-masalah global yang terjadi. MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dipilih sebagai objek penelitian dikarenakan peneliti menemukan bahwa sekolah ini telah mengimplementasikan nilai-nilai ESD pada beberapa program serta kegiatan berbasis kepedulian lingkungan. Penjabaran implementasi program ESD dalam penelitian ini menggunakan teori Charles O. Jones.
Fokus dari penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana proses pengorganiasian program Education Suistainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember? 2) Bagaimana proses pengintepretasian program Education Suistainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember? 3) Bagaimana proses pengaplikasian program Education Suistainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses pengorganiasian program Education Suistainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 2) Mendeskripsikan proses pengintepretasian program Education Suistainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 3) Mendeskripsikan proses pengaplikasian program Education Suistainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian: 1) Proses pengorganisasian program Education for Sustainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dilakukan dengan cara membentuk struktur penanggungjawab, pelaksana, sasaran program, waktu dan tempat pelaksanaan, serta sumber daya yang diperlukan. 2) Proses penginterpretasian program Education for Sustainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dilakukan dengan cara mengadakan sosialisasi, rapat paripurna, pelatihan studi banding ke sekolah lain, serta melalui media sosial. 3) Proses pengaplikasian program Education for Sustainable Development (ESD) melalui penanaman sikap peduli lingkungan di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dilakukan sesuai dengan tujuan dari masing-masing program dan kegiatan yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Foni Isnaini
Date Deposited: 16 Dec 2024 01:24
Last Modified: 16 Dec 2024 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37709

Actions (login required)

View Item View Item