Nabilah, Iffah (2024) Strategi promosi melalui media sosial daam menarik minat nasabah untuk memilih produk pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
IFFAH NABILAH_211105010033.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Promosi, Media Sosial, Electronic Word Of Mouth (E-WOM).
Banyaknya perusahaan perbankan di Indonesia menyebabkan persaingan di industri ini cukup ketat. Perusahaan-perusahaan perbankan saling besaing untuk memasarkan produknya. Hal ini yang selanjutnya mendorong industri perbankan membentuk strategi pemasaran terbaik dan efektif untuk menarik minat nasabahya, termasuk pemanfaatan teknologi digital dan media sosial. Media sosial tidak hanya memungkinkan interaksi dua arah antara bank dan nasabah, tetapi juga memfasilitasi electronic word of mouth (eWOM), yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk maupun layanan perbankan. Bank BJB KCP Jember, merupakan salah satu Bank yang memanfaatkan platform media sosial untuk melakukan promosi produk dan layanan yang ditawarkannya.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana strategi promosi melalui media sosial dalam menarik minat nasabah untuk memilih produk pada Bank BJB KCP Jember? 2. Apa peluang dan tantangan dalam strategi promosi melalui media sosial dalam menarik minat nasabah untuk memilih produk pada Bank BJB KCP Jember?.
Tujuan penelitian ini antara lain: 1. Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi melalui media sosial dalam menarik minat nasabah untuk memilih produk pada Bank BJB KCP Jember 2. Untuk mengetahui apa peluang dan tantangan dalam strategi promosi melalui media sosial dalam menarik minat nasabah untuk memilih produk pada Bank BJB KCP Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan data.
Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa: 1. Dalam meningkatkan volume strategi promosi pada Bank BJB KCP Jember menerapkan strategi promosi melalui media sosial antara lain, WhatsApp Blast, Facebook dan Instagram. Dengan mengunggah pamflet maupun konten semenarik mungkin. 2. Tantangan dalam proses strategi promosi melalui media sosial pada Bank BJB KCP Jember ada 4 yaitu: Persaingan yang ketat, menjangkau audiens yang tepat, tren yang berubah-ubah, menangani komentar dan pesan negatif. Sedangkan peluang dalam promosi melalui media sosial pada Bank BJB KCP Jember ada 3 yaitu: menjaga interaksi antar pelanggan, meningkatkan Brand Awareness, menghemat biaya promosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Iffah Nabilah |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37727 |
Actions (login required)
View Item |