Korelasi Pemahaman Materi Sistem Gerak Manusia Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) Siswa Kelas XI MIPA Di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Santika, Siska Dwi (2024) Korelasi Pemahaman Materi Sistem Gerak Manusia Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) Siswa Kelas XI MIPA Di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siska Dwi Santika_212101080025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan terkait dengan perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding) dikalangan remaja masih menjadi hal yang harus diperhatikan. Berdasarkan hasil observasi di MAN 1 Jember didapatkan masih banyak siswa yang tidak mencerminkan perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding). Perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding) mencakup empat prinsip, yaitu Kewaspadaan, Kesadaran, Sikap dan Mental dan Antisipasi. Keempat prinsip tersebut harus dimiliki bagi siapa saja yang melakukan aktivitas berkendara dengan tujuan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan tigkat pemahaman siswa kelas XI MIPA terhadap materi Sistem Gerak Manusia di MAN 1 Jember. 2) Mendeskripsikan perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding) siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. 3) Mengetahui kolerasi antara pemahaman materi Sistem Gerak Manusia dengan perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding) siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Adapun pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa soal esai dan angket. Analisis data yang digunakan berupa uji korelasi Product Moment.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemahaman siswa terkait materi sistem gerak manusia masuk dalam kategori kurang dengan presentase sebesar 49% dan rata-rata nilai sebesar 60. Sedangkan perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding) masuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 79% dan rata-rata nilai sebesar 76. Hasil korelasi Product Moment menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman materi sistem gerak manusia dengan perilaku keselamatan berkendara (Safety Riding). Hal
tersebut dapat diketahui dari perolehan nilai signifikansi 0,173 > 0,05, yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Untuk keeratan korelasi keda variabel tergolong “Sangat Lemah” yaitu didasarkan pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,142. Sedangkan untuk arah korelasinya bernilai positif, yang artinya hubungan kedua variabel sama atau berbanding lurus.

Kata kunci: Pemahaman; Tulang Rangka; Perilaku Keselamatan Berkendara
(Safety Riding)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Siska Dwi Santika
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:53
Last Modified: 16 Dec 2024 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37738

Actions (login required)

View Item View Item