Zianah zain, Anisah (2024) Pengembangan Media Flipbook dalam Pembelajaran IPAS Materi Warisan Budaya untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari 04 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI ANISAH watermak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (22MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Ensiklopedia, Berbasis Software
Media flipbook adalah sarana yang dirancang untuk memfasilitasi proses
pembelajaran siswa dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Sebagai
alternatif yang efektif, media ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam
pembelajaran IPAS. Namun, keterbatasan dalam penggunaan flipbook, baik dari
sisi ketersediaan media maupun akses terhadap teknologi, menjadi tantangan bagi
guru dalam memvariasikan metode pengajaran. Selain itu, keterbatasan perangkat
elektronik yang diperlukan untuk mengakses flipbook juga dapat menghambat
pemanfaatannya secara optimal di kalangan siswa dan guru.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Kelayakan
Pengembangan Media Flipbook Dalam Pembelajaran IPAS Materi Warisan
Budaya Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari 04? 2) Bagaimana
Praktilalitas Pengembangan Media Flipbook Dalam Pembelajaran IPAS Materi
Warisan Budaya Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari 04? 3)
Bagaimana Efektivitas Pengembangan Media Flipbook Dalam Pembelajaran
IPAS Materi Warisan Budaya Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari
04?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui Kelayakan
Pengembangan Media Flipbook Dalam Pembelajaran IPAS Materi Warisan
Budaya Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari 04. 2) Untuk mengetahui
Praktilalitas Pengembangan Media Flipbook Dalam Pembelajaran IPAS Materi
Warisan Budaya Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari 04. 3) Untuk
mengetahui Efektivitas Pengembangan Media Flipbook Dalam Pembelajaran IPAS
Materi Warisan Budaya Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Mumbulsari 04.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bisa juga disebut
dengan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan validasi para ahli
(media, materi dan ahli pembelajaran IPAS), dan respon peserta didik. Subjek
penelitian siswa kelas V SDN Mumbulsari 04 Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Uji validasi oleh 4 tim ahli
mendapatkan presentase 89,4%, menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat valid
dan layak digunakan. (2) Hasil raktilalitas dari respon peserta didik presentase
sebesar 94,6% media pembelajaran Flibook ini sangat layak untuk digunakan
dalam proses pembelajaran. (3) Efektivitas hasil dari uji coba produk, yang
melibatkan respons dari peserta didik, menunjukkan bahwa presentase rata-rata
mencapai 94,6%. Hal ini menegaskan bahwa media pembelajaran flibook sangat
sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji N-gain persentase
rata-rata N-Gain Score adalah 44.0%, menandakan adanya peningkatan sekitar
70% setelah implementasi media pembelajaran Flibook.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Pengembang Anisa Zianah zain |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:45 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37744 |
Actions (login required)
View Item |