Muhith, Abd (2018) Pengembangan mutu pendidikan agama Islam melalui rekayasa pembelajaran. Edukais; Jurnal Pemikiran Keislaman, 1 (2). ISSN 254-91-01
|
Text
Pengembangan mutu pendidikan agama Islam melalui rekayasa pembelajaran.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Keunggulan suatu banggsa ditandai oleh faktor pendididjkan yang amat signifikan mempengaruhi mutu sumber daya manusia, sehingga mampu menciptakan generasi yang handal, damai, demokrasi dan terbuka. Oleh karena itu reformasi pendidikan perlu terus menerus dilakukan untuk mengembangkan mutu pendidikan nasional. Menapaki abad 21, sumber daya manusia bangsa Indonesia pada umumnya kurang kompetitif. Indikasi itu bisa dibuktikan dari catatan Human Develoment Report tahun 2003 versi UNDP( United Nation Develoment Programm), peringkat HDI (Human Develoment Index) kualitas SDM Indonesia berada di urutan ke 112. dibawah Plipina (85), Thailand (74), Malaysia (58), Brunai (31), Korsel (30) dan Singapura (28). Sedangkan salah satu indiator kegagalan pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu banyak terjadi tawuran, pecandu narkoba dan pelecehan seksual. Adanya indikasi-indikasi di atas menuntut pembaharuan Sistem pendidikan Nasional yang mengacu pada Multiple intelegensi, diverfikasi kurikulum, otonomi sekolah, pembelajaran tuntas dan membangun sumber daya insani yang utuh, yaitu intelegensi, Emosi dan Religi (IESQ), melalui program akselerasi pembelajaran, termasuk di dalamnya pembelajaran PAI.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Mutu, Pendidikan Agama Islam, Rekayasa Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 06 May 2019 01:58 |
Last Modified: | 06 May 2019 03:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/378 |
Actions (login required)
View Item |