Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMP/MTs

Indah Wulandari Sholihati, - (2020) Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadri Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Indah Wulandari Sholihati_T201710023.pdf

Download (13MB)

Abstract

Indah Wulandari Sholihati, 2021: Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMP/MTs Kata Kunci: Media Posbuk (Poster Buku), Terintegrasi Al-Qur’an, Struktur Tumbuhan IPA merupakan rumpunan ilmu yang memiliki ciri karakter khusus yaitu mempelajari fenoma alam. Salah satu rumpun IPA yang diajarkan di SMP adalah biologi. Berdasarkan hasil wawancara menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran sumber yang digunakan adalah buku LKS dan buku teks yang disediakan oleh kemendikbud dan banyak siswa yang kurang memahami adanya hubungan antara kejadian alam dengan Al-qur’an, sehingga sikap religiusnya kurang didapat oleh siswa pada saat pembelajaran selesai. Mengatasi hal tersebut maka dikembangkanlah media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-qur’an, diharapkan siswa mampu mengkaitkan materi yang bersifat umum dengan ilmu agama dan ayat-ayat Al-qur’an dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran serta dapat menguasai materi struktur tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-qur’an secara valid sebagai media pembelajaran struktur tumbuhan kelas VIII di SMP/MTs. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-qur’an secara praktis sebagai media pembelajaran struktur tumbuhan kelas VIII di SMP/MTs. Pengembangan media Posbuk (Poster Buku) ini menggunakan model ADDIE yaitu tahapan analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Tahap evaluation (evaluasi) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu oleh peneliti. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga dosen ahli, satu guru IPA, 10 siswa dalam uji skala kecil dan 35 siswa dalam uji skala besar. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan rata-rata presentase uji validasi yaitu ahli materi 91%, ahli integrasi Al-qur’an sebesar 93%, ahli media sebesar 91% ,dan guru mata pelajaran IPA sebagai pengguna sebesar 90%, sehingga ratarata dari validasi sebesar 91% dikategori sangat valid. Uji coba skala kecil didapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 89% yang berarti dapat digunakan tanpa revisi, dilanjut ke uji coba skala besar didapatkan rata-rata presentase sebesar 89% yang berarti sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:36
Last Modified: 19 Apr 2022 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item