Iftisam, Iftisam (2024) GAYA KOMUNIKASI DAKWAH NING UMI LAILA PADA YOUTUBE CHANNEL NING UMI LAILA, DAKWAH PEDIA, DAN ZAHIR TV. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text (SK 091 KPI 2024)
IFTISAM _ 205103010006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Respons Viewers, Ning Umi Laila, YouTube Channel.
YouTube sebagai media dakwah menjadi platform yang sangat efektif untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan secara luas dan interaktif. Ning Umi Laila merupakan salah satu dai yang tidak hanya menyebarkan dakwah di dunia nyata, namun juga di media sosial seperti Youtube. Gaya komunikasi yang efektif adalah langkah penting untuk dakwah yang sukses. Salah satu pendakwah dengan kemampuan komunikasi dakwah yang unggul di masa kini adalah Ning Umi Laila.
Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana gaya komunikasi dakwah yang di gunakan oleh Ning Umi Laila dalam menyampaikan dakwah pada YouTube Channel Ning Umi Lailai, Dakwah Pedia, dan Zahir TV? 2) Bagaimana respons viewers terhadap dakwah Ning Umi Laila pada YouTube Channel Ning Umi Laila, Dakwah Pedia, dan Zahir TV?
Berdasarkan uraian konteks penelitian dan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini dimaksudkan sebagai berikut. 1) Untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi dakwah yang digunakan oleh Ning Umi Laila dalam menyampaikan dakwah pada YouTube Channel Ning Umi Laila, Dakwah Pedia, dan Zahir TV. 2) Untuk mengetahui respons viewers terhadap dakwah Ning Umi Laila pada YouTube Channel Ning Umi Laila, Dakwah Pedia, dan Zahir TV.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan subyek penelitian yang di gunakan adalah YouTube Channel milik Ning Umi Laila, Dakwah Pedia, dan Zahir TV dengan ketentuan tiga konten yang di analisis dari tiap YouTube Channel. Teknik pengumpulan data yang di pakai adalah obeservasi dan dokumentasi. Sedangkan analasis data menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, Teknik, dan waktu.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa gaya komunikasi yang dipakai oleh Ning Umi Laila adalah gaya komunikasi menurut teori Norton yang meliputi sepuluh bentuk gaya komunikasi yaitu dominan, dramatis, animasi, terbuka, argumentative, santai, atentif, berkesan, bersahabat, dan gaya tepat. Kemudian respon penonton terhadap video dakwah Ning Umi Laila meliputi respons kognitif, afektif, dan konatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190204 Film and Television |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs Iftisam Ifti |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 08:03 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 08:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37824 |
Actions (login required)
View Item |