PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA MELALUI BRAINGUARD CAP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 JEMBER

Rosalvino, Dimas Septian (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA MELALUI BRAINGUARD CAP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI REAL FIKS ASLI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci: permainan tebak kata, brainguard cap, hasil belajar.
Permainan tebak kata adalah metode pembelajaran yang mempunyai ciri
khas menyenangkan. Permainan tebak kata bisa juga menjadi pembelajaran
sambil bermain yang mampu mengolah ingatan siswa serta kekompakan antar
siswa dalam berkelompok. Tebak kata adalah menebak kata yang dimaksud
dengan cara menyebutkan kata-kata tertentu sampai kata yang disebutkan benar.
Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan produk media permainan tebak
kata melalui brainguard cap untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas
IV di MIN 2 Jember.
Permasalahan yang diteliti yaitu:1) Bagaimana Pengembangan media
permainan tebak kata melalui brainguard cap pada kelas IV di MIN 2 Jember? 2)
Bagaimana kelayakan pengembangan media permainan tebak kata melalui
brainguard cap kelas IV di MIN 2 Jember? 3) Bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa setelah menggunakan produk pengembangan media permainan tebak
kata melalui brainguard cap kelas IV di MIN 2 Jember? Tujuan penelitian ini
yaitu: 1) Menghasilkan produk yang berupa media permainan tebak kata melalui
brainguard cap kelas IV 2) mengetahui kelayakan media permainan tebak kata
melalui brainguard cap kelas IV. 3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta
didik setelah menggunakan produk pengembangan media permainan tebak kata
melalui brainguard cap kelas IV.
Penelitian ini mengguanakan metode (R&D) Research and Development,
dengan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket,
dokumentasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan uji kevalidan, uji t.
Hasil penelitian menghasilkan sebuah media permainan tebak kata melalui
brainguard cap yang dapat digunakan secara langsung dengan bantuan aplikasi.
Media permainan ini juga meningkatkan semangat dan hasil belajar peserta didik,
serta membantu pendidik dalam menilai hasil pembelajaran secara otomatis. Hasil
rata-rata keseluruhan para ahli yaitu 90,3% dengan rincian ahli media, ahli materi,
ahli praktisi dan angket siswa sebesar 93,8%, 95%, 87,5%, 85%, sehingga media
permainan tebak kata melalui brainguard cap ini layak untuk digunakan, selain itu
hasil analisis uji menggunakan aplikasi SPSS, menunjukkan bahwa nilai t yang
dihasilkan 2,511 dengan tingkat signifikansi α 0,05 sehingga nilai t tabel adalah
2,048. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t
tabel, yang mengindikasikan bahwa tindakan yang dilakukan dalam penelitian
memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil yang diharapkan. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media permainan tebak kata
melalui brainguard cap ini valid dan layak untuk diterapkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr DIMAS SEPTIAN ROSALVINO
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:51
Last Modified: 17 Dec 2024 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37827

Actions (login required)

View Item View Item