Peningkatan Kelancaran Membaca Melalui Permainan Flash Cards pada Siswa Kelas 1A di SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember.

ulfatul rohmah, - (2021) Peningkatan Kelancaran Membaca Melalui Permainan Flash Cards pada Siswa Kelas 1A di SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
ULFATUR ROHMAH_T20174078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ulfatur Rohmah, 2021: Peningkatan Kelancaran Membaca Melalui Permainan Flash Cards pada Siswa Kelas 1A di SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember. Kata Kunci: Media Flash Cards, Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa. Observasi pratindakan yang peneliti lakukan pada Februari 2021 pada siswa kelas 1 SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember, memperoleh hasil bahwa 8 dari 20 siswa kelas 1A masih belum lancar membaca. Ketidaklancaran siswa dalam membaca disebabkan oleh faktor ekternal dan internal. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan media pembelajaran pendukung yang menarik yaitu flash cards. Flash cards dipilih karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan usia anak kelas 1. Yaitu pada masa ini anak mengalami perkembangan psikologis tahap pra-operasional yang terjadi pada usia 2 sampai 7 tahun. Artinya anak mulai merepresentasikan dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar. Pada tahap ini anak mulai menunjukkan peningkatan pemikiran simbolis dan melampaui hubungan informasi indrawi dan tindakan fisik. Hal ini menjadi alas an penggunaan media flash cards cocok digunakan pada anak kelas 1 yang menyukai dunia bermain dan belajar. Permainan flash cards memadukan dua komponen, yang erat kaitannya dengan siswa kelas 1 yaitu bermain dan belajar. Permainan flash cards yang menyenangkan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar membaca. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peningkatan kelancaran membaca melalui permainan flash cards pada siswa kelas 1A di SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kelancaran membaca melalui permainan flash cards pada siswa kelas 1A SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa menggunakan media flash cards dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas 1A SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember. Hal ini berdasarkan hasil tes kelancaran membaca siswa yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prasiklus 69,7 dengan kriteria keberhasilan 60%, artinya 8 dari 20 orang siswa belum lancar membaca. Kemudian dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata siswa 75,0 dengan kriteria keberhasilan 75%, artinya 5 dari 20 orang siswa belum lancar membaca dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 81,9 dengan kriteria keberhasilan 95%, artinya 1 dari 20 orang siswa masih belum lancar membaca. Flash cards membantu meningkatkan dan mengembangkan daya ingat, melatih kemandirian, meningkatkan jumlah kosakata, merangsang keinginan siswa untuk belajar membaca. Belajar dan bermain dengan media flash cards menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:38
Last Modified: 19 Apr 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item