PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA KELAS V DI MIN 4 JEMBER

Farera, Muhammad Aqil (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA KELAS V DI MIN 4 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Aqil Farera_202101040044 Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Aqil Farera, 2024 : Pengembangan Media Pembelajaran Komik
Digital Pada Materi Unsur Intrinsik Cerita Kelas V di MIN 4 Jember.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Digital
Pada era industri 4.0 teknologi industry mengalami perkembangan pesat,
sehingga peserta didik saat ini memiliki julukan sebagai „‟Digital Natives’’.
Fokus penelitian dalam penilitian ini adalah; 1). Bagaimana desain produk
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Unsur Intrinsik
Cerita Kelas V di MIN 4 Jember? 2).Bagaimana kelayakan Pengembangan Media
Pembelajaran Komik Digital pada Materi Unsur Intrinsik Cerita Kelas V di MIN 4
Jember? 1). Tujuan dari penelitian ini adalah; 1). Menghasilkan produk
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Unsur Intrinsik
Cerita Kelas V di MIN 4 Jember. 2). Mendeksripsikan kelayakan dari
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Unsur Intrinsik
Cerita Kelas V di MIN 4 Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; Metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development) merupakan salah satu
jenis dari metode penelitian. Metode Research and Development (RnD). Prosedur
penelitian dan pengembangan menggunakan analisis, Desain, Pengembangan,
Implementasi dan Evaluasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data angket
penilaian media, wawancara,observasi dan dokumentasi.Teknik analisis masalah
terdapat validasi ahli media, Validasi ahli materi, validasi ahli Pendidikan Bahasa
Indonesia, respon peserta didik.
Kesimpulan dalam penelitian ini: 1). Pengembangan Pengembangan
Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik
Digital di MIN 4 Jember yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi. 2). Kelayakan media pembelajaran berbasis komik digital dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia diketahui setelah dilakukan uji validasi, Proses
untuk mengetahui kelayakan adalah dengan uji validasi, uji validasi dilakukan
oleh 3 validator, yaitu validasi media, validasi materi dan validasi pembelajaran.
Rata-rata hasil presentasi validasi oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata 80%
yang artinya media komik digital dikategorikan valid atau layak digunakan.
Kelayakan media komik digital melalui hasil uji coba pengguna dapat
disimpulkan melalui presentase kelas V, dengan hasil respon siswa adalah 85%,
serta hasil evaluasi 84% sehingga dengan presentase perbandingan ini maka
media komik digital sudah memenuhi kriteria sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Muhammad Aqil Farera
Date Deposited: 16 Dec 2024 08:07
Last Modified: 16 Dec 2024 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37839

Actions (login required)

View Item View Item