Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember.

Nadiyah, Mu'tiqoh Izzatun (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mu'tiqoh Izzatun Nadiyah_212101040008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung pemahaman belajar siswa di sekolah sangatlah penting. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa proses pembelajaran di kelas V terkendala oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, yang hanya mengandalkan buku dan papan tulis. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa bosan, mengantuk, dan kesulitan memahami materi matematika, khususnya pada materi pembagian pecahan desimal dengan bilangan asli. Oleh karena itu, diperlukan media yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana produk pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember? 2)Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember? 3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui produk pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember. 3)Untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau yang biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kelayakan dan keefektifan.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah media pembelajaran Fun Thinkers Book materi pembagian pecahan desimal dengan bilangan asli yang digunakan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember. 2) Hasil kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book yakni uji validasi ahli media 85%, uji validasi ahli materi 92,5% dan uji validasi ahli pembelajaran 94,56% yang berarti masuk kategori sangat layak untuk diuji cobakan. 3) Hasil dari analisis keefektifan peserta didik melalui pre-test dan post-test sebesar 76,82% dengan menggunakan analisis N-Gain Score yang tergolong dalam kategori efektif.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Fun Thinkers Book, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mu'tiqoh Izzatun Nadiyah
Date Deposited: 17 Dec 2024 01:51
Last Modified: 17 Dec 2024 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37865

Actions (login required)

View Item View Item