Hafifatur Rohmah, Isniyatul (2024) Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Animasi Sebagai Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
SKRIPSI ISNIYATUL HAFIFATUR ROHMAH 202101050023.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan seksual merupakan salah satu pendidikan yang dapat mecegah kekerasan seksual pada anak usia dini. Pendidikan seksual yang diterapkan di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita mengajarkan perihal mengenal anggota tubuh, memahami antara leki-laki dan Perempuan, memahami sentuhan boleh dan senyuhan tidak boleh, mengajarakan siapa dan kapan menyentuh anggota pribadi, serta apa yang harus dilakukan ketika orang lain menyentuh anggota tubuh pribadi.
Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran video animasi sebagai pecegahan kekerasan seksual anak usia dini di taman kanak-kanak Dharma Wanita Ajung Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran video animasi sebagai pencegahan kekerasan seksual anak usia dini di taman kanak-kanak Dharma Wanita Ajung Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Ajung Jember, subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi, keabsahan datanya menggunakan trianggulasi, yakni trianggulasi sumber dan Teknik.
Hasil penelitian pemanfaatan media pembelajaran video animasi dalam pendidikan anak usia dini mempunyai banyak manfaat, seperti menarik perhatian dan minat belajar anak, memudahkan siswa untuk memahami materi, serta membuat mereka tidak bosan saat belajar. Ada 3 tahap dalam pemanfaatan media pembelajaran. tahap perencanaan pembelajaran media pembelajaran video animasi sebagai pencegahan kekerasan seksual anak usia dini yaitu diawali dengan pendidik membuat rancangan perencanaan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan mengindetifikasi karakteristik peserta didik. Tahap pelaksanaan pembelajaran media video animasi sebagai pencegahan kekerasan seksual ana usia dini di Taman kanak-kanak Dharma Wanita. Pada mulanya pendidik menyiapkan saran dan prasarana sebelum peserta didik datang dan memilih video pembelajaran video animasi yang cocok untuk anak. Tahap evaluasi/penilaian pembelajaran video animasi sebagai pencegahan kekerasan seksual anak usia dini. Evaluasi atau penilaian terhadap pembelajaran sangat penting dilakukan karena untuk meningkatkan tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Evaluasi dapat berbentuk tanya jawab yang dilontarkan pendidik kepada peserta didik untuk pertanyaannya yaitu materi yang dibahas hari itu juga untuk mengetahui apakah peserta didik itu paham atau tidak tentang materi yang dijelaskan dan untuk mengetahui apakah media pembelajaran itu efektif atau tidak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms Isniyatul Hafifatur Rohmah |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 07:05 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37879 |
Actions (login required)
View Item |