Nurhasanah, Ruly Afidatu (2024) Pengembangan Media Kincir Angka Dalam Pengenalan Bilangan Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ruly Afidatu Nurhasanah_211101050012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Ruly Afidatu Nurhasanah, 2024: Pengembangan Media Kincir Angka Dalam Pengenalan Bilangan Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Kincir Angka, Bilangan
Kurangnya penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu penyebab pembelajaran yang kurang aktif dan tidak maksimal, khususnya dalam mengenal bilangan. Pada hakikatnya anak usia dini belajar sambil bermain, sehingga minimnya media pembelajaran menyebabkan peserta didik mudah bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, adanya pengembangan media kincir angka sebagai salah satu alternatif untuk menunjang proses pembelajaran dalam mengenal bilangan, karena media kincir angka dikemas seperti permainan maka dapat menambah semangat dan minat anak untuk mengikuti proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam peneltian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media kincir angka dalam pengenalan bilangan pada kelompok B di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media kincir angka dalam pengenalan bilangan pada kelompok B di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember? 3) Bagaimana efektifitas pengembangan media kincir angka dalam pengenalan bilangan pada kelompok B di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendekrsipsikan proses pengembangan media kincir angka dalam pengenalan bilangan pada kelompok B di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media kincir angka dalam pengenalan bilangan pada kelompok B di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember. 3) Mengetahui efektifitas pengembangan media kincir angka dalam pengenalan bilangan pada kelompok B di TK Muslimat NU 46 Wuluhan Jember.
Pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Terdapat tiga validator dalam penelitian ini yaitu validator ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran serta subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelompok B di TK Muslimat NU 46.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media kincir angka sesuai prosedur tahapan ADDIE, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. 2) Hasil dari ketiga validasi validator tingkat kelayakan media kincir angka memperoleh 92% dengan kategori sangat layak. 3) Efektifitas media kincir angka berdasarkan hasil pretest sebesar 84% dan hasil Posttest sebesar 96% maka mengalami peningkatan 13% sehingga media kincir angka efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ruly Afidatu Nurhasanah |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:54 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37889 |
Actions (login required)
View Item |