Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Era Pandemi Covid 19 di Sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 2 puger kabupaten jember

ALBI MALIHA, - (2021) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Era Pandemi Covid 19 di Sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 2 puger kabupaten jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
ALBI MALIHA_T20163041.pdf

Download (20MB)

Abstract

Albi Maliha, 2020. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Era Pandemi Covid 19 di Sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 2 puger kabupaten jember Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komptensi Pedagogik Guru PAI, Pandemi Covid 19 Supervisi akademik merupakan kegiatan untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah melalui teknik individual dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di era pandemi covid 19 di SMPN 2 Puger, 2) bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah melalui teknik kelompok dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di era pandemi covid 19 di SMPN 2 Puger. Tujuan penelitian dalam skipsi ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah melalui teknik individual dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI pada saat pandemi di SMPN 2 Puger, 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah melalui teknik kelompok dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI pada saat pandemi di SMPN 2 Puger. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan model deskriptif kualitatif , model interatif Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu, 1) pelaksanaan supervisi akademik melalui teknik individual di era pandemi covid 19 di SMPN 2 Puger: program supervisi akademik disusun di awal semester, supervisi dilakukan 2 kali dalam satu semester, teknik individual ini kepala sekolah melakukan 2 teknik yaitu kunjungan kelas dilakukan kepada guru PAI saat mengajar online, dan teknik percakapan prbadi, 2) pelaksanan supervisi akademik melalui teknik kelompok di era pandemi covid 19 di SMPN 2 Puger: dalam teknik kelompok ini, kepala sekolah melakukan 3 teknik yaitu rapat guru, MGMP sekolah, dan webinar. Rapat guru dilakukan lebih sering daripada biasanya yaitu 2 minggu sekali, pelaksanaan MGMP sekolah terdiri dari guru mata pelajaran yang serumpun, dan webinar dilaksanakan sebagai cara lain yang dilakukan guru untuk mengganti kegiatan workshop yang tidak bisa dilakukan di era pandemi covid19. Evaluasi supervisi akademik dilakukan setelah serangkaian kegiatan sudah dilaksanakan yaitu pada akhir semester ganjil dan akhir semester genap. Tetapi jika terdapat masalah yang penting untuk segera dicarikan solusinya, maka evaluasi dan tindak lanjut juga bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan masalahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:55
Last Modified: 19 Apr 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item