PENERAPAN GIAT LITERASI MELALUI PROGRAM POJOK BACA PADA ANAK KELOMPOK B DI POS PAUD BOUGENVILLE 84 RAMBIPUJI JEMBER

Dwi Ayu Febrianti, Sophia (2024) PENERAPAN GIAT LITERASI MELALUI PROGRAM POJOK BACA PADA ANAK KELOMPOK B DI POS PAUD BOUGENVILLE 84 RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
sophia skripsi w2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menurut Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, dikatakan bahwa pada abad ke-21 banyak dibutuhkan kemampuan literasi dasar dalam segala aspek. Dalam penerapan ini literasi tidak hanya membaca dan menulis tapi juga menyimak, melihat gambar ini merupakan langkah awal untuk merangsang literasi. Namun dengan seiring perkembangan zaman menuntut semua perkembangan untuk menjadi serba digital dan canggih dalam bidang teknologi. Minat baca dan literasi anak mulai terkikis karena anak-anak sudah banyak beralih memainkan mainan-mainan yang lebih modern seperti di smartphone. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya minat literasi anak dan berpengaruh pada perkembangan bahasanya.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan Giat Literasi Melalui Program Pojok Baca Pada Anak Kelompok B di Pos PAUD Bougenville 84? Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Penerapan Giat Literasi Melalui Program Pojok Baca Pada Anak Kelompok B di Pos PAUD Bougenville 84.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian di Pos PAUD Bougenville 84 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Guru Kelas B, murid kelompok B, dan wali murid kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian adalah penerapan giat literasi melalui program pojok baca pada anak kelompok B dilakukan sesuai SOP. Terdapat 3 tahapan yang dilakukan, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan giat literasi melalui program pojok baca bermanfaat bagi anak kelompok B dan perkembangan minat literasi tumbuh dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ms sophia dwi ayu febrianti
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:57
Last Modified: 17 Dec 2024 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37919

Actions (login required)

View Item View Item